35 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

contenttop

35 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA – Memilih jurusan kuliah yang tepat kadang menjadi hal sulit bagi mereka yang baru lulus SMA dengan tujuan supaya kamu nggak salah pilih jurusan.

Memilih jurusan di perguruan tinggi tentu butuh beragam pertimbangan. Mulai dari pelajaran yang diminati, prospek kerja, dan bisa juga biaya.

Bagi kamu yang tergolong anak IPA di kelas 12, mungkin saja masih ada yang bingung atau bimbang memilih jurusan terbaik untuk anak IPA.

Baca Juga : Apakah SMK Bisa Kuliah

Setelah lulus dari sekolah menengah ada yang memilih untuk bekerja, ada pula yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Khusus yang ingin kuliah, tentu memilih jurusan kuliah tidak mudah.

Sebab, harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Bahkan, calon mahasiswa juga harus memikirkan nanti setelah lulus kuliah akan bekerja apa?

35 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA Jurusan IPA?

Bila masih bingung, mungkin kami akan berikan panduan 35 pilihan jurusan kuliah yang direkomendasikan dapat menjadi pertimbangan dan pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki.

Berikut 35 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA, perlu diketahui bahwa urutan pada pada postingan ini tidak menjadikan jurusan paling terbaik, tetapi disusun secara acak:

35 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

1. Jurusan Matematika

Matematika menjadi jurusan kuliah terbaik untuk anak IPA. Mengambil jurusan matematika bukan berarti hanya bisa jadi guru atau dosen.

Belajar di jurusan ini, kamu bisa menyederhanakan permasalahan yang ada di alam sekitarnya menjadi sebuah model matematika.

Model matematika ini akan mempermudah menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Bidang keuangan pun membutuhkan ahli matematika untuk melakukan analisis.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka Matematika

Prospek karier :

  • Analis di bidang industri keuangan seperti di perbankan, bursa efek, dan asuransi.
  • Analis data statistik di instansi pemerintah
  • Bidang teknologi informasi baik produksi software ataupun jaringan komputer.

2. Jurusan Teknik Sipil

Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget.

Prospek kerja apabila kamu ambil jurusan teknik sipil adalah bekerja sebagai Kontraktor

3. Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Yang dipelajari mahasiswa jurusan ini adalah aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait.

Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatan pengguna akhir.

Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti Elektronika, Listrik, Instrumentasi, sampai Teknik Komputer dan Telekomunikasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

Prospek kerja jurusan: Ahli Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Teknik Elektronik, Spesialis Teknik Telekomunikasi

4. Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin.

Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain, seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen.

Fokus Teknik Industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

Prospek kerja jurusan: Sales Engineer, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur

5. Jurusan Teknik Nuklir

Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, contohnya adalah UGM. Kamu yang punya minat di dunia kenukliran bisa coba pilih yang satu ini.

Tenagamu pasti dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama untuk negara maju yang teknologinya sudah jauh dibandingkan Indonesia. Habis studi lanjut, kamu bisa bantu memajukan Indonesia juga deh!

Prospek Kerja: Ahli Nuklir dan Karyawan PLTN

6. Jurusan Teknik Biomedis

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Jurusan ini disediakan untuk mengantisipasi perkembangan sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan.

Lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk membantu melakukan pemilihan, uji performansi, serta menyusun prosedur pemeliharaan dari berbagai peralatan kesehatan.

Selain itu keahlian ini juga terkait dengan inovasi pengembangan perangkat di industri serta penelitian dan eksplorasi peralatan kesehatan. Prospek lulusannya terbilang cerah karena jumlah rumah sakit dan klinik di Indonesia semakin banyak.

Cocok bagi kamu yang suka biologi, fisika, matematika, dan kimia.

Prospek karier :

  • Clinical engineer di rumah sakit .
  • Industri kesehatan dan farmasi.
  • Industri perangkat lunak

7. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Interior dan Arsitek

Buat kamu anak IPA yang notabene selalu dekat dengan sains dan logika, bukan berarti otak kananmu nggak menonjol. Banyak kok anak IPA pecinta seni juga.

Jadi kamu yang mengambil jurusan IPA juga bisa mencoba untuk masuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior maupun Arsitek. Ketiga jurusan itu juga nggak terlepas dari hitung-hitungan lho!

Bahkan saat kuliah pun kamu sudah bisa memulai bisnismu, ya freelance dulu lah.

Prospek Kerja: Desainer Grafis, Desainer Interior, Arsitek

8. Jurusan Agribisnis atau Pertanian

Jurusan ini mulai banyak dilirik oleh lulusan SMA IPA karena prospeknya ke depan juga bagus. Yang terkenal sudah pasti adalah di IPB. Dengarlah, nak, Indonesia memanggilmu dan butuh tenagamu. #letakkantanganmudidada

Prospek Kerja: Ahli Pertanian, Konsultan Pertanian

9. Jurusan Batra

Mungkin kamu ada yang belum tau ini jurusan apa. Jurusan batra adalah jurusan yang berhubungan dengan obat-obatan tradisional.

Prospek Kerja: Ahli pembuatan obat tradisional dan Staff Laboratorium.

10. Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum.

11. Jurusan Farmasi

Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia

Prospek kerja jurusan: Spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker

12. Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Bagaimana penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah.

Begitu pula langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

13. Jurusan Teknologi Pangan

Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer.

Jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh.

Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan mempengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan

14. Jurusan Astronomi Ilmu

Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit.

Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi.

Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa

15. Jurusan Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia.

Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan: Ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, Peneliti Bioinformatika

16. Jurusan Biokimia Ilmu

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup.

Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Biofisika

17. Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan akan mempelajari tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi.

Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan

18. Jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur)

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya.

Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan.

Jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Pengajar Ilmu Agrikultural, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan, Manajer Akuakultural atau Ahli Konservasi Tanah dan Air

19. Jurusan Rekayasa Pertanian

Rekayasa pertanian merupakan jurusan yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan.

Tujuan utamanya adalah mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia, Biologi

Prospek kerja jurusan: Ahli Teknik Pertanian, Peneliti Tanah dan Tumbuhan atau Manager Pertanian dan Peternakan

20. Jurusan Agroekoteknologi

Jurusan ini merupakan gabungan beberapa program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi.

Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Manager Pertanian dan Peternakan, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca atau Peneliti Tanah dan Tumbuhan

21. Jurusan Kehutanan

Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri.

Bahannya tidak terbatas bagaimana menghasilkan dan memperoleh hasil hutan saja, Ilmu Kehutanan juga menitikberatkan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Fisika

Prospek kerja jurusan: Spesialis Konservasi Alam, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Hutan, atau Pengawas Hutan.

22. Jurusan Arsitektur

Kamu yang mengambil jurusan ini akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), serta fungsi bangunan (utilitas).

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Seni Budaya

Prospek kerja jurusan: Arsitek, Manajer Konstruksi, Desainer Interior

23. Jurusan Oseanografi

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Matematika

Prospek kerja jurusan: Teknik Kelautan, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan dan Offshore Navigator

24. Jurusan Teknik Pertambangan

Program studi pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya.

Mahasiswanya belajar soal proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Kimia

Prospek kerja jurusan: Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas), Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan 1

25. Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Teknik Planologi ini mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Selain itu, Perencanaan Wilayah Kota tidak merancang suatu bangunan, tapi merancang seluruh wilayah secara keseluruhan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Geografi

Prospek kerja jurusan: Perencanaan Kota dan Wilayah, Surveyor Bangunan, Ajudan Perencanaan Kota dan Wilayah

26. Jurusan Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

Jurusan ini memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, serta pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya.

Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi, seperti pesawat komersial, helikopter, pesawat militer.

Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer bumi, seperti roket dan satelit.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Fisika

Prospek kerja jurusan: Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Mekanik dan Teknisi Servis Pesawat, atau Teknisi Penerbangan

27. Jurusan Cyber Security

Pada umumnya, jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack).

Jurusan ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya.

Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Matematika

Prospek kerja jurusan: Cyber Police atau Spesialis Forensik Komputer

28. Jurusan Ekonomi/Ekonomi Pembangunan

Pada umumnya, Jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi satu dengan Ilmu Ekonomi. Ekonomi pembangunan memang salah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.

Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan Ilmu Ekonomi adalah mahasiswa yang menghindari Matematika. Ironisnya, mereka kurang memahami kalau Ilmu Ekonomi justru menggunakan ilmu matematika “tingkat dewa”.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan: Ekonom, Konselor Peminjaman, atau Analis Keuangan

29. Jurusan Pendidikan Intelijen

Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarir sebagai seorang intelijen, baik di pemerintahan maupun swasta.

Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks.

Jurusan ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Analis Intelijen, Detektif dan Investigator Swasta

30. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan kuliah terbaik untuk anak IPA selanjutnya adalah Teknik Informatika. Jurusan ini membekali mahasiswanya untuk memiliki keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah software atau perangkat lunak sistem.

Dari program sederhana yang bisa menjalankan satu fungsi sampai program dengan tingkat kerumitan lebih tinggi. Berkuliah di jurusan ini harus siap-siap belajar berbagai bahasa pemrograman seperti C++, Java, Phyton, PHP, dan yang lain.

Cocok bagi yang suka pelajaran matematika

Prospek karier :

  • Programmer atau pengembang perangkat lunak mulai dari mobile application, web, game, aplikasi.
  • Perancang infrastruktur teknologi informasi
  • Bidang cyber security
  • Data scientist

31. Jurusan Teknik Pangan

Jurusan yang mempelajari proses produksi dan pengolahan pangan agar aman dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Karena itu mahasiswa di jurusan ini disuguhkan pelajaran komponen-komponen kimiawi yang ada dalam bahan makanan. Selain itu diajarkan pula teknik pengawetan, pengemasan dan penyimpanan bahan makan yang telah diolah.

Cocok bagi kamu yang suka biologi

Prospek karier :

  • Spesialis quality control di industri makanan
  • Pengembangan produk pangan dan proses inovasi produk pangan baru

32. Jurusan Mikrobiologi

Jurusan ini berbeda dengan jurusan biologi yang banyak berhubungan langsung dengan tumbuhan dan hewan. Kamu yang ambil jurusan ini akan berhadapan dengan sesuatu yang tak kasatmata bernama mikroba. Nantinya banyak akan mempelajari teknik rekayasa genetika dan kultur sel.

Cocok bagi kamu yang suka biologi

Prospek karier : Industri makanan bidang Quality Control, Quality Assurance, ataupun pengembangan dan penelitian

33. Jurusan Statistika

Mengambil jurusan ini kamu akan berhadapan dengan mata kuliah dasar-dasar matematika. Kemudian tentu saja dengan dasar-dasar statistika seperti model probabilitas, teori sampling.

Jurusan statistika di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta membagi lagi dalam beberapa peminatan seperti statistika keuangan, biostatistika, statistika bisnis dan industri, dan aktuaria.

Cocok bagi kamu yang suka matematika

Prospek karier :

  • Analis data di berbagai bidang seperti industri perbankan, perusahaan jasa dan barang, perusahaan agribisnis dan pertambangan.
  • Di bidang klinis seperti membantu rancangan percobaan dan analisis data untuk pengembangan obat, terapi dan diagnosis.

34. Jurusan Teknik Geologi

Ada juga Teknik Geologi yang menjadi jurusan kuliah terbaik anak IPA. Kamu yang memilih jurusan ini akan berhadapan dengan pelajaran berbagai jenis batuan dan hubungan satu jenis batuan dengan jenis lainnya, kondisi isi perut dan muka bumi beserta proses-proses atau mekanisme pembentukannya.

Cocok bagi kamu yang suka biologi dan fisika
Prospek karier : Industri pertambangan

Jadi, buat kamu yang masih bingung memilih Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA sekarang sudah tidak kebingungan lagi, karena kamu bisa menentukan pilihanmu dan siap melangkah sekarang.

Jangan lupa, kamu juga bisa diskusi dengan orang tua maupun kakak kelas yang jadi seniormu untuk memilih 35 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA di atas.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *