Cara Membuat Email PNS GO.ID

Cara Membuat Email mungkin sudah tidak asing dilakukan oleh semua kalangan, bahkan tutorialnyapun sudah banyak beredar di internet.

Bahkan Admin juga sudah membagikan postingan sebelumnya terkait pembuatan email baru dengan judul cara membuat email gmail dengan mudah.

Pada postingan ini kita tidak akan membahas cara membuat email dengan gmail, yahoo, atau dengan layanan gratis lainnya.

Melainkan Admin akan membimbing para PNS yang kesulitan dalam membuat email pns go.id atau sebutan resminya adalah pnsmail.go.id.

Perlu bapak ibu guru ketahui sesuai dengan Surat Edaran Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013 bahwa seluruh PNS supaya menggunaan alamat email resmi pemerintah.

Di mana email tersebut menggunakan domain @pnsmail.go.id atau yang dimiliki masing-masing pemerintah dengan alamat (nama instansi masing-masing).go.id.

Adapun Format yang harus diperhatikan adalah nama.pns@pnsmail.go.id. Contoh kecil, misalkan PNS atas nama Jaenudin, maka emal pnsnya menjadi jaenudin@pnsmail.go.id.

Informasi yang mimin dapat bahwa setiap PNS hanya di ijinkan untuk memiliki satu alamat email nasional pada PNSMail, jadi pastikan bapak ibu sudah membuat emil pns atau pnsmail.

Berikut adalah Cara Membuat PNSMail atau Email PNS go.id

Yang perlu bapak ibu perhatikan bahwa membuat Email PNS di pnsmail.go.id, tentunya cukup mudah sekali sama halnya seperti membuat email pada umumnya.

Perlu di perhatikan juga, bahwa bapak ibu wajib menyediakan email aktif baik email gmail mapun yahoo atau email lainnya untuk menerima email konfirmasi  dari PNSMail.

1. Buka Laman www.pnsmail.go.id

Tetapi sampai sekarang laman ini sudah tidak bisa dibuka kembali, melainkan pindah ke laman domain.go.id, dan di sana terdapat Informasi Daftar PNSMAIL.GO.ID melalui Form Pendaftaran Akun MAIL.GO.ID.

Pastikan bapak ibu sudah berada di laman website pnsmail.go.id bukan laman lainnya, untuk memastikannya lihat alamat pada browser yang bapak ibu pakai.

2. Klik Menu Daftar

Setelah bapak ibu berada di website pnsmail.go.id, silahkan klik menu daftar, kemudian akan tampil isian yang disajikan. Adapun tampilannya seperti berikut:

Sumber: kominfo.go.id

3. Isi Biodata PNS

Langkah ketiga adalah mengisi data diri PNS, pengisian biodata ini wajib bapak ibu lakukan, adapun data yang wajib bapak ibu masukan seperti:

  1. Username: usahakan mengisi dengan nama depan dan nama belakang anda sesuai dengan nama Asli anda
  2. Password : isikan dengan password yang hanya anda saja yang tahu
  3. Ulangi Pasword
  4. Nama Lengkap Anda
  5. Nip (Nomor Induk kepegawaan anda);
  6. Email Aktif anda (Berfungsi sebagai tempat pengiriman pengaktifan dan pemulihan);
  7. No. Ponsel Anda
  8. Instansi Anda
  9. Alamat Lengkap Instansi Anda
  10. Provinsi Anda
  11. Kabupaten Anda
  12. Pertanyaan pengingat

Pastikan Data yang di masukan sudah benar dan sesuai dengan dokumen resmi bapak ibu, Kemudian selanjutnya Klik Daftar. Proses pembuatan Email PNS Tahap pertama selesai.

4. Pengaktifan Email PNS go.id

Tahap terakhir adalah pengaktifkan email pns oleh admin admin pnsmail.go.id yang nantinya dikirim ke email bapak ibu masukan ketika pendaftaran.

Silahkan tunggu informasi selanjutnya melalui email bapak ibu dan pastikan email bapak ibu bisa di buka untuk mendapatkan informasi pengaktifakn atau pemulihan emial pns tersebut.

Notes: Informasi dan Tutorial ini bersumber dari website resmi kominfo.go.id, untuk lebih jelasnya bisa di lihat langsung di sana.

Cara Membuat Email PNSMAIL.GO.ID

Informasi yang kedua adalah cara membuat email pnsmail.go.id melalui Form Pendaftaran Akun MAIL.GO.ID yang sudah saya katakan di atas.

Bahwa pnsmail.go.id sudah tidak bisa Anda akses kembali, melainkan ada informasi bahwa pnsmail.go.id melalui pendaftaran akun mail.go.id.

Baik kita langsung saja bagaimana langkah-langkahnya cara membuat akun mail.go.id di laman/ website layanan.kominfo.go.id.

1. Buka Laman Layanan Kominfo

Silahkan bapak ibu akses layanan / Website kominfo registrasi pada laman/ website https://layanan.kominfo.go.id/register atau bisa KLIK DI SINI.

Kemudian akan muncul Form Pendaftaran Akun MAIL.GO.ID, di mana form ini akan dipinta data seperti: Nama Depan dan Belakang, Email, No. Handphone, Password (Password minimal teridiri dari 6 karakter, dan harus kombinasi huruf angka).

2.  Klik Daftar

Langkah terakhir adalah Mendaftar Akun MAIL.GO.ID dengan cara Klik Daftar, proses pembuatan akun sudah selesai kita lakukan.

Selanjutnya, apabila sudah di setujui maka bapak ibu bisa melakukan login ke laman Masuk Layanan KOMINFO dan bisa juga masuk ke Layanan PNSMAIL. Adapun Layanan PNS Mail kurang lebih seperti beriku:

3. Laman Layanan Publik Kominfo

Jika bapak ibu sudah di setujui maka bapak ibu juga bisa masuk ke layanan publik kominfo, adapun aktivasi akun dan user pengguna akan di kirim ke email bapak ibu, kurang lebih seperti berikut:

Pemberitahuan Akun sudah aktif melalui email, kurang lebih seperti berikut ini:

Itulah cara pembuatan akun mail.go.id dan cara membuat email PNS GO.ID yang bisa mimin bagikan, semoga bisa difahami, dan apabila ada pertanyakan tuliskan pada kotak komentar.