Rumus Excel Menghitung Masa Kerja

Rumus Excel Menghitung Masa Kerja – Apakah kalian mengalami kebingungan untuk menghitung masa kerja dan umurr untuk orang banyak atau karyawan?

Mungkin menghitung masa kerja sendiri mudah untuk dilakukan, bagaimana jika menghitung umur dan masa kerja orang banyak? mungkin akan kerepotan.

Apabila kamu kesulitan, maka jalan keluarnya adalah harus menggunakan sebuah rumus excel menghitung masa kerja dan umur.

Adapun biasanya kita di suruh menghitung atau mencari masa kerja dari bulan kemudian tahun, artinya kalian harus mengurangi tahun sekarang dengan tahun lahir.

Baca Juga: 14 Aplikasi Keuangan Rumah Tangga Terbaik

Ketemulah tahun lahir, setelah itu baru mencari bulannya. Kalian akan kerepotan jika suruh menghitung karyawan atau guru pns dan honor dengan personil lebih dari 10 orang.

Dengan demikian Admin akan memberikan rumusnya bagaimana cara menghitung masa kerja pns, cara menghitung masa kerja pns dengan excel 2007 dan lain-lain.

Berikut adalah Rumus Excel Menghitung Masa Kerja

Sebelum ke pembahasan ini, Admin akan jelaskan sedikit rumus excel apa saja yang Admin gunakan. Adapun rumus excel yang Admin gunakan adalah rumus Fungsi DATEDIF Excel.

Selain rumus yang akan Admin bagikan, Admin juga akan bagikan aplikasi menghitung masa kerja yang sudah dibuat pada Microsoft Excel yang kompatibel dengan 2007, 2010, 2013, 2016 atau lebih tinggi.

Menghitung Masa Kerja

Untuk menghitung masa kerja kita bisa menggunakan Fungsi DATEDIF Excel, di mana rumus ini akan memberikan kita jumlah tahun, bulan bahkan sampai hari.

Rumus Excelnya adalah DATEDIF(start_date;end_date;unit), kemudian apabila Anda ingin mencari tahun, maka rumusnya akan menjadi DATEDIF(Awal_Kerja;Tanggal_Perhitungan;”Y”).

Selanjutnya bagaimana cara mencari bulannya? untuk mencari bulan kerja, silahkan Anda gunakan rumus DATEDIF(Awal_Kerja;Tanggal_Perhitungan;”YM”).

Keterangan:

  • Y adalah Tahun
  • YM adalah Bulan

Silahkan Anda buat pada lembaran Microsoft Excel dan buatlah format No, Nama Guru/ Pegawai, Mulai Kerja (Tanggal, Bulan, Tahun), Tanggal Sekarang (Tanggal, Bulan, Tahun), Masa Kerja (Tahun), Masa Kerja (Bulan).

Selanjutnya masukan rumus di atas sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan keterangan Admin yang berikan di atas, apabila Anda masal membuatnya, Admin akan berikan link Download Rumus Excel Menghitung Hari Kerja.

Cara Menghitung Masa Kerja PNS

Menghitung masa kerja pns bisa Anda lakukan secara manual atau menggunakan sebuah aplikasi menghitung masa kerja yang telah dibuat sebelumnya yaitu menggunakan rumus excel.

Anda bisa menggunakan rumus di atas atau dengan rumus =INT((TODAY()-C16/365.25), =INT((TODAY()-C16/30.4375)-D16*12, =INT((TODAY()-F16/365.25) dan =INT((TODAY()-F16/30.4375)-G16*12.

Adapun format rumus excel yang harus Anda buat seperti gambar di bwah ini:

Untuk lebih jelasnya, Admin akan berikan format tersebut secara gratis, tentunya sudah siap pakai tanpa harus Anda membuat dari awal dan sudah di sisipkan rumus fungsi datedif.

Aplikasi Menghitung Masa Kerja

Anda bisa membuat sebuah Aplikasi menghitung masa kerja pns maupun non pns atau karyawan perusahaan dengan jumlah bejibun dan Anda akan mudah menghitungnya dengan cara sederhana.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan cara menghitung masa kerja online, cara menghitung masa kerja pensiun, cara menghitung masa kerja pns bahkan cara menghitung masa kerja pns dengan excel 2007.

Untuk memudahkan dan mempercepat Anda dalam mengitung masa kerja, Admin sudah sediakan link download Aplikasi Rumus Excel Menghitung Masa Kerja di bawah ini.

Dowload Aplikasi Menghitung Masa Kerja [Download DI SINI]

Mungkin cukup sekian postingan kali ini terkait Rumus Excel Menghitung Masa Kerja dan Aplikasi Menghitung Masa Kerja.

Mudah-mudah bermanfaat, dan apabila postingan ini bermanfaat, bantu kami sebarkan ke jaringan sosial yang kalian gunakan. Terimakasih

Tags: