Apakah SMK Bisa Kuliah

contenttop

Hallo sahabat Kang Jae. Artikel kali ini, kami sajikan khusus buat untuk kalian semua para siswa-siswi kelas 12 SMK yang sedang memikirkan Apakah SMK Bisa Kuliah?

Buat kalian yang anak-anak SMK, silahkan langsung fahami postingan ini. Soal dunia anak SMK, kami memberikan bayangan slogan-slogan yang yang sering kita dengar di kalangan masyarakat bahkan di kalangan guru, pegawai dan siswa.

“SMK BISA! SMK KOMPETITIF! SMK SIAP KERJA!”

Bagaimana bayangan anda ketika mendengar slogan tersebut? Apakah anda membayangkan bahwa belajar di SMK tidak pernah mencatat? tidak pernah belajar? Tidak. Bayangan tersebut semuanya tidak benar.

Belajar di SMK hampir tiap hari kerjaannya belajar praktek, praktek, dan praktek! atau istilah kerennya “Learning By Doing”.

Kami percaya bahwa metode itu adalah salah satu cara belajar yang paling efektif. Itulah kenapa, slogan “SMK Bisa & Siap Kerja” karena memang layak slogan tersebut diberikan kepada anak-anak SMK yang sudah gatal mau bekerja dan berkontribusi langsung bagi masyarakat.

Tapi bagaimana dengan nasib para anak-anak SMK yang hasrat belajarnya belum selesai di SMK dan masih mau melanjutkan belajar di dunia perkuliahan?

Apakah SMK Bisa Kuliah?

Selama 4-5 tahun ke belakang, silahkan perhatiin ternyata banyak juga anak-anak SMK yang mengakui, bahwa passion mereka bukan di dunia SMK (yang bertujuan mau langsung cari kerja), tetapi justru di bidang lain yang ada di dunia perkuliahan!

Apabila kamu bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan dan masih berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri, tentu saja sangat bisa.

Apakah SMK Bisa Kuliah

Kami telah mengumpulkan informasi berguna bagi kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebab sudah menghimpun 10 Universitas Negeri yang Menerima Lulusan SMK 2020/2021 untuk kamu.

Berikut 10 Universitas Negeri yang Menerima Lulusan SMK 2020/2021

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Universitas Padjadjaran
  4. ISI YOGYAKARTA
  5. UIN WALISONGO SEMARANG
  6. Universitas Gajah Mada
  7. Institut Teknologi Bandung
  8. Universitas Sriwijaya
  9. Universitas Gadjah Mada
  10. UPN Veteran Jatim

Bagaimana Cara Lulusan SMK Agar Masuk Perguruan Tinggi Negeri ?

Setelah kamu membaca daftar 10 Universitas Negeri yang Menerima Lulusan SMK 2020/2021, tentu kamu pasti makin penasaran bagaimana cara lulusan SMK agar bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri bukan.

Cara Lulusan SMK Agar Masuk Perguruan Tinggi Negeri

1. Cek Persebaran Alumni SMK di PTN yang Diinginkan

Jalur undangan biasanya mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan diterima/tidaknya seorang lulusan SMK, termasuk asal sekolah.

Tentu saja kamu akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk diterima di PTN dimana banyak alumni SMK-mu melanjutkan studi di sana.

Hal ini bisa kamu konsultasikan dengan guru Bimbingan Konseling atau gurumu di sekolah.

2. Pilihlah Jurusan yang Sesuai

Apabila kamu memilih jurusan yang sesuai dengan pendidikan kamu selama di SMK, peluang kamu diterima akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan jurusan yang berbeda jauh dengan rumpun pendidikan kamu.

Contohnya seperti ini. Jika kamu bersekolah di SMK Multimedia, jurusan Teknik Komputer dan Informatika tentu akan jadi pilihan tepat untuk kamu. Atau, kamu yang bersekolah di SMK Kimia Analisis, jurusan Teknik Kimia pastinya tepat untuk kamu pilih.

3. Simak Dengan Saksama Kuota Penerimaan SMK di PTN

Memang setiap tahunnya, jatah penerimaan lulusan SMK di tiap Perguruan Tinggi Negeri pastinya berbeda-beda. Ada Perguruan Tinggi Negeri yang akan menerima lulusan SMK, namun ada juga yang tidak bisa menerima sama sekali.

Hal ini tentunya bersangkutan dengan kebijakan PTN bersangkutan. Untuk itu, kamu harus rajin mencari tahu PTN mana saja yang banyak menerima lulusan SMK.

4. Via Jalur SBMPTN/ Mandiri (Ujian Tulis)

Tidak hanya via jalur undangan saja, lulusan SMK juga bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur yang lebih umum, yaitu lewat jalur ujian tulis.

Hanya saja, seperti yang telah ditekankan di awal tadi, jalur ini memang relatif lebih mudah bagi lulusan SMA yang telah mendapatkan materi-materi terkait semasa sekolah.

Sementara itu, bagi seorang lulusan SMK, kamu tentunya harus mempersiapkan lebih untuk bisa ikut bersaing di jalur ujian tulis. Jangan lupa siapkan diri sedini mungkin kalau memang kamu benar-benar ingin lanjut studi di PTN.

Jadi, kalau rencana A (jalur undangan) gagal, maka kamu bisa melanjutkan ke rencana B yakni jalur ujian tulis. Jadi kamu tetap bisa opsi lain.

5. Jadilah Siswa/siswi Berprestasi

Memiliki prestasi seperti dengan memenangkan suatu perlombaan/kejuaraan akademis maupun non akademis akan menjadi nilai tambah bagimu sendiri di kemudian hari.

Pasalnya, prestasi-prestasimu selama bersekolah nantinya akan dipertimbangkan pula oleh PTN dalam jalur undangan ini. Jadi mulai sekarang, kamu harus mulai makin rajin belajar.

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak SMK

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ialah pendidikan menengah yang menyiapkan pelajar untuk langsung bekerja setelah lulus.

Jadi selain belajar teori, praktek juga sangat banyak. Bisa dikatakan juga bahwa istilah anak SMK itu “Learning By Doing” alias belajar sambil praktek. Sebab umumnya para siswa/siswi masuk SMK dengan tujuan agar bisa langsung bekerja setelah lulus.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh anak SMK adalah, karena anak SMK sering praktek. Jadi mereka lebih mengenal bidang keahlian mereka masing-masing.

Mereka juga memiliki gambaran yang lebih jelas tentang rutinitas dan tempat kerja, sehingga lebih memiliki arah yang jelas sewaktu memilih jurusan kuliah. Jurusan yang dipilih tidak harus sama dengan jurusan yang diambil semasa SMK.

Jika merasa ternyata tidak cocok dengan jurusan yang dipelajari sewaktu SMK, kamu juga bisa memilih jurusan lain. Asal kamu belajar dengan giat dan mempelajari secara menyeluruh jurusan lain yang ingin kamu pilih.

Berikut ini kami sajikan jurusan kuliah yang bisa kamu pilih jika ingin melanjutkan kuliah di jenjang perguruan tinggi:

1. Jurusan Perbankan

Jurusan ini hampir mirip dengan Jurusan Akuntansi, Jurusan Perbankan juga akan membekali mahasiswa dengan keahlian hitung-menghitung.

Akan tetapi, jurusan perbankan lebih berpusat pada kegiatan yang berhubungan dengan bank. Misalnya saja perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi. Jadi terlihat sama padahal berbeda.

2. Jurusan Marketing/Pemasaran

Di Jurusan Pemasaran, mahasiswa juga akan mempelajari mengenai strategi pasar, kewirausahaan, dan membaca peluang di dunia bisnis.

Pada jurusan ini calon mahasiswa akan mengasah keahlian mereka untuk memasarkan produk/jasa mereka. Prospek kerjanya tidak terbatas juga.

Mereka bahkan bisa bekerja di sektor apa saja, karena setiap usaha membutuhkan seorang marketer untuk mempromosikan produk/jasa mereka. Jadi kesempatan bekerja juga jadi terbuka lebar.

3. Jurusan Jurnalistik

Jurnalis bisa bekerja dimana saja. Sebut saja kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi.

Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik. Tidak ketinggalan bahwa mereka juga perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, hingga berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan.

Setelah informasi yang diperlukan telah cukup dan rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan. Baik secara cetak atau digital.

4. Jurusan Multimedia

Jurusan satu ini akan mempelajari tentang pengembangan web, multimedia, permainan/game, hingga produksi sinema dan industri media.

Di era serba digital saat ini, jurusan multimedia tentu saja sangat banyak dicari. Sebab hampir semua perangkat digital membutuhkan seorang ahli multimedia. Jadi kamu bisa mempertimbangkan jurusan satu ini.

5. Jurusan Tata Boga

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat luas dan tidak terbatas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan kemampuan memasak mereka.

Bahkan ada yang bisa mendapatkan kontrak dengan kapal pesiar dengan bayaran yang tentu saja fantastis.

6. Jurusan Analis Kimia

Seorang analis Kimia akan mempelajari kimia dengan lebih mendalam. Yakni untuk menghasilkan ataupun meneliti sebuah produk berbahan kimia.

Prospek kerja jurusan Analis Kimia ini begitu cerah. Sebab saat ini dibutuhkan pada beberapa sektor yang berkaitan. Contohnya farmasi, pertambangan, pertanian, dan sektor industri yang berkaitan dengan kimia.

Walau dinamakan analis kimia, jurusan ini juga sedikit banyak melibatkan matematika dan fisika. Jurusan ini cocok jika kamu memiliki minat besar dan kuat pada sains.

7. Jurusan Tata Busana

Tata busana tidak hanya mempelajari cara merancang produk mode saja loh. Tetapi juga mempelajari bagaimana cara memasarkan produk, cara melihat tren fashion, menciptakan tren fashion, hingga menggunakan teknologi untuk menyelesaikan hasil karya mereka.

Di jurusan Tata Busana, mahasiswa/mahasiswinya akan dibekali ilmu. Mulai dari cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga membuat pakaian jadi.

Jadi jurusan tata busana juga bisa berwirausaha atau membangun karirnya sendiri dengan kemampuan yang dia miliki.

Apakah SMK Bisa Kuliah Tentu Jawabannya BISA. “SMK BISA! SMK KOMPETITIF! SMK SIAP KERJA!” Is The Best SMK.

Mungkin cukup sekian informasi seputar Apakah SMK Bisa Kuliah dan Universitas Negeri yang menerima jurusan SMK 2020/2021 ini. Kami harap kamu bisa masuk ke universitas yang memang diidamkan dengan jurusan yang memang kamu impikan.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *