Cari Tahu Berapa Biaya Kuliah ITB? Baca Ini!

Biaya Kuliah ITB

Cari Tahu Berapa Biaya Kuliah ITB? Baca Ini! Sedang mengincar kampus bergengsi satu ini untuk bidikan kuliah?

Jangan khawatir, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah semenakutkan informasi hoax di luar sana.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki nilai yang bagus serta berprestasi non akademik yang menawan, maka semakin ramah di dompet untuk menebus kursi di sana. Jadi semangat ya untuk bisa masuk ke kampus hits tersebut.

Memang, seleksi di sana amatlah ketat. Anda harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa atau mahasiswi yang mengincar salah satu kursi di sana.

Tidak heran juga, karena kampus dengan nama lengkap Institut Teknologi Bandung ini memang impian banyak orang.

Meski di sana dilakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa dalam bentuk aturan regular berupa SBMPTN dan SNMPTN, ada juga jalur lain yang bisa ditempuh.

Yaitu melalui jalur pendaftaran mandiri yang kuotanya pun sangatlah banyak.

Biasanya untuk komposisi calon peserta didik yang diterima melalui program SBMPTN dan SNMPTN adalah 40% dan 40%.

Sedangkan sisanya di penuhi dari jalur mandiri. Apalagi angka yang diterima setiap tahunnya bertambah, jadi jangan berkecil hati ketika membidik salah satu jurusan di sana.

Tinggal siapkan mental untuk seleksi kemudian untuk biaya kuliah ITB sendiri, jangan terlalu risau. Sebab ada kemudahan-kemudahan yang di tawarkan oleh pihak kampus sesuai kondisi finansial pendaftar.

Berikut Biaya Kuliah Di ITB

Perlu di ingat, sebelum membaca artikel ini hingga tuntas, bahwa biaya-biaya di bawah ini merupakan biaya yang di akses untuk tahun ini.

Agar lebih valid, pastikan untuk melakukan kroscek ulang dengan pihak kampus bagian pendaftaran atau informasi terbaru melalui web kampus.

Biaya Pendidikan ITB

ITB (Institut Teknologi Bandung) sendiri memberlakukan dana pendidikan per semester dengan kisaran dana  kuliah ITB untuk uang kuliah tunggal atau UKT seperti di bawah ini.

Fakultas/sekolahUKT5/semUKT4/sem
Selain dari sekolah bisnis dan manajemen atau SBMRp. 25.000.000,00-Rp. 12.500.000,00-
Sekolah bisnis dan manajemenRp. 25.000.000,00-Rp. 12.500.000,00-

Bagi semua calon mahasiswa sendiri nantinya secara otomatis akan di berlakukan biaya sebesar UKT5, dan ini menyesuaikan dengan di mana fakultas/sekolah yang menerimanya nanti.

Tapi jika Anda keberatan terhadap biaya tersebut

Maka Anda bisa kemudian mengajukan permohonan beasiswa UKT ketika melaksanakan pendaftaran mahasiswa baru yang di lakukan secara daring melalui laman https://akademik.ITB.ac.id.

Pada halaman tersebut Anda bisa menemukan dokumen-dokumen, seperti halnya kemampuan ekonomi sebagai salah satu bukti pengajuan permohonan beasiswa biaya kuliah ITB UKT.

Pihak ITB sendirilah yang nantinya akan menentukan UKT itu dan harus di lunasi oleh di dasarkan pada verifikasi dokumen data kemampuan UKT tersebut.

Adapun kategori UKT yang paling rendah dan berlaku pada peserta SM-ITB2020 adalah UKT4.

Sedangkan pada tahun 2020 sendiri Institut Teknologi Bandung tidak mengadakan kebijakan penundaan pelunasan UKT.

Tapi mahasiswa yang dapat kemudian melakukan permohonan terhadap pembayaran upah tersebut secara cicilan. Ada dua buah skema pembayaran dari biaya UKT tersebut secara cicilan.

Biaya Masuk ITB

Adapun memang uang kuliah tunggal Institut Teknologi Bandung non SPM adalah sebesar 10 juta rupiah per semesternya. Sedangkan biaya kuliah ITBuntuk SPM adalah Rp.20.000.000 per semesternya.

Biaya Kuliah S2 ITB

Perlu Anda ketahui bahawa biaya kuliah S2 ITB sendiri bervariasi bergantung dari apa fakultas/sekolah dan apa kelas yang di ambil. Tentunya jika kelas internasional akan berbeda dengan kelas Indonesia.

Biaya Kuliah MBAITB

Program MBA atau Magister Bussines of Administration sendiri memang berada di dalam lingkup Fakultas Sekolah Bisnis dan Manajemen atau SBM

Yang mana biayanya tersebut tergantung juga dari kelas yang di ambil. Berkaitan dengan biaya kuliah Institut Teknologi Bandung (ITB) S2 dan MBA maka Anda bisa melihat pada tabel yang ada di bawah

Fakultas/sekolahKelasBPP/Sem (Rp)
Unruk Non SBMIndonesiaMagister farmasi industri
S222000000
Non magister farmasi industri
13500000
Internasional35500000
Sekolah bisnis dan manajemen (SBM)Indonesia13500000
Strata magister
Sekolah bisnis dan manajemen (SBM)Reguler25000000
Strata Doktor
Non sekolah bisnis dan manajemenNon Reguler41000000
15000000

BPP sendiri merupakan biaya penyelenggaraan pendidikan persemesternya.

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan ITB

Fakultas/sekolahUang Kuliah Tunggal Per Semester
Kel. IKel. IIKel. IIIKel. IVKel. V
Teknik Perminyakan2500000500000075000001000000012500000

Biaya Kuliah Desain Interior ITB

Fakultas/sekolahUang Kuliah Tunggal Per Semester
Kel. IKel. IIKel. IIIKel. IVKel. V
Desain Interior2500000500000075000001000000012500000

Itulah beberapa informasi mengenai biaya kuliah ITB, bagi Anda yang berminat untuk meneruskan pendidikan, sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu dana perkuliahan dan jurusan apa yang benar-benar Anda minati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *