Cara Cek Verval Ijazah Seleksi P3K

Cara Cek Verval Ijazah – Hallo sahabat Pendidikan, semoga kita dalam keadaan sehaat wal’afiat, kali ini kami kan Update cara cek verval ijazah.

Apa itu Verval Ijazah ?

Verval Ijazah adalah verifikasi dan validasi ijazah yang melakukannya bapak ibu guru masing-masing pada akun info gtk verval ijazah 2020.

Verval Ijazah PTK ini bertujuan untuk persiapan seleksi pppk di tahun 2021 mendatang, sehingga jangan kita lewatkan kesempatan ini.

Adapun Login verval ijazah bisa menggunakan email dan password yang sudah Operator Sekolah berikan sebelumnya kepada bapak ibu guru.

Apabila login verval ijazah lupa, bapak ibu bisa menghubungi Operator Sekolah mudah-mudahan masih menyimpan password untuk login ke verval ijazah.

Karena sebelum-sebelumnya kita sudah melakukan verifikasi email ptk dan apabila sudah terverifikasi maka password tidak bisa dirubah oleh operator sekolah.

Pada postingan sebelumnya kami sudah bagikan panduan bagaimana cara verval ijazah untuk seleksi p3k, untuk bapak ibu yang belum membacanya, silahkan pelajari postingan sebelumnya.

Apabila bapak ibu menemukan keterangan data hasil verval belum diupdate ke dapodik, sehingga bisa saja ijazah yang tertera diriwayat pendidikan formal masih belum sama dengan hasil verval ijazah.

Jangan khawatir, silahkan cek kembali data pendidikan pada riwayat pendidikan baik melalui Aplikasi Dapodik atau melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Ada 2 cara memperbaiki universitas tahun ijazah NIM verval ijazah, panduan ini sudah kami tulis pada artikel sebelumnya.

Tidak Bisa Verval Ijazah

Tidak bisa verval ijazah pppk 2020 ada beberapa kemungkin yang terjadi adalah mungkin saja ijazah anda tidak terdaftar pada SIVIL (Sistem Verifikasi Secara Elektonik).

Kemungkinan lain juga bisa saja ada perbaikan verval ijazah pada server pusat, sehingga mengakibatkan verval ijazah untuk pppk tidak bisa.

Bagaimana Cara Cek Verval Ijazah?

Nah.. pada postingan ini kami akan memberikan panduan cara cek verval ijazah yang sudah bapak ibu lakukan sebelumnya.

Info GTK sudah melakukan update terkait dengan verval ijazah dapodik, kenapa kami katakan verval ijazah dapodik, karena ada keterkaitan antara verval ijazah dengan aplikasi dapodik.

Cara Cek Verval Ijazah

Cara mengecek verval ijazah sangat penting untuk melihat apakah verval ijazah s1 bapak ibu guru sudah selesai apa belum.

Status Verval Ijazah S1/D4 bisa melihatnya di laman info.gtk.kemdikbud.go.id dengan cara memasukan email dan pasword bapak ibu.

Info GTK akan melakukan Update secara berkala untuk menampilkan Status Verval Ijazah S1/D4 Data Verval Terakhir, yaitu :

Terdapat Tanggal Verval, Nama Pada Ijazah, Nomor Ijazah, Nomor Induk Mahasiswa, Nama Perguruan Tinggi, Program Studi/Jurusan, Tahun Lulu, Metode Verval dan Status Verval, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Cara Cek Verval Ijazah
Status Verval Ijazah S1/D4 Data Verval Terakhir

Untuk melihat status verval ijazah, silahkan ikuti panduannya di bawah ini

  • Login Ke Info GTK
  • Masukkan Username dan Password Info GTK
  • Jika sudah masuk maka silahkan sekrol ke bawah apabila bapak ibu menggunakan smartphone dan hasilnya seperti berikut ini
  • Dan apabila menggunakan laptop, lihat sebelah kanan Riwayat Pendidikan Formal dan di bawahnya terdapat Status Verval Ijazah
  • Selesai Cara Cek Verval Ijazah

Cara Cek Verval Ijazah

  • Pastikan Inputan Pendidikan pada Aplikasi Dapodik sama dengan Data Verval Terakhir, apabila tidak sama segera perbaiki.

Baca Juga : 2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

Cara Update Verval Ijazah Ke Dapodik

Sementara update verval ijazah ke dapodik belum bisa kita lakukan, kami akan update kembali apabila ada informasi terbaru mengenai hal tersebut.

Bahkan Info pada Laman GTK juga sudah jelas bahwa Data Hasil Verval belum update ke dapodik, sehingga bisa saja ijazah yang tertera pada riwayat pendidikan formal masih belum sama dengan hasil verval ijazah.

Tetapi kita harus memastikan hal tersebut bahwa inputan pendidikan bapak ibu sudah benar, dengan demikian kita jangan khawatir lagi.

Apakah Verval Ijazah Bisa Diulang?

Sebenarnya verval ijazah bisa diulang sebelum-sebelumnya, bahkan kita bisa mencari Univerista (PT), Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Program Studi, kemudian kita menyimpan ulang.

Tetapi pada pada laman verval ijazah untuk p3k sekarang sudah tidak demikian tampilannya, melainkan cuma ada bacaan Lihat Hasil Validasi dan Perbaikan Hasil Validasi.

Bahkan terdapat informasi Menekan tombol Perbaikan Hasil Validasi berarti anda akan menghapus data hasil verval dan menggantinya dengan yang baru. Pastikan proses perbaikan sampai selesai atau data anda akan salah.

Tampilan Lihat hasil Validasi apabila kita klik, maka tampilannya seperti berikut:

Cara Cek Verval Ijazah

Tampilan Perbaikan Hasil Validasi ketika di Klik akan mengarah ke laman baru dan tampilannya seperti berikut ini:

cara verval ijazah untuk p3k

Jika kita perhatikan anatara Lihat Hasil Validasi dan Perbaikan Hasil Validasi sama saja, tidak ada perbedaan, dengan demikian kita harus menunggu update terbaru lagi.

Sementara ini data hasil verval belum di update ke dapodik, yang harus kita lakukan sering-sering buka info GTK, atau bisa berlangganan informasi di situ Pendidikan sch.id ini.

Update Cara Cek Verval Ijazah Seleksi P3K

Edit Verval Ijazah sudah bisa kita lakukan. Bagi bapak ibu yang mengalami kasus kesalahan dalam verval ijazah, dan sudah di perbaiki ke perguruan tinggi.

Klik hasil perbaikan validasi, kemudian bapak ibu akan kembali ke tab baru, silahkan ulangi seperti biasa, jangan lupa simpan.

Batas Verval Ijazah

Mengani batas verval ijazah ini belum kami dapat informasi yang valid, tetapi segelintiran informasi yang kami dapat pada forum-forum guru.

Bahwa batas verval ijazah sampai akhir desember 2020, itupun belum ada informasi yang resmi. Adapun tujuan verval ijazah di info gtk sudah jelas, untuk rencana pelaksanaan seleksi p3k.

Mulai sekarang jangan menanyakan lagi verval ijazah untuk apa? lakukan saja apa yang diperintahkan, karena tujuan verval ijazah, pemerintah tentunya mempunyai tujuan yang baik untuk Guru Honorer.

Verval Ijazah Dikti

Tujuan Verval Ijazah Dikti adalah untuk mengetahui apakah ijazah kita sudah terdaftar dan apabila belum terdaftar maka sesegera mungkin menghubungi perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah.

Adapun untuk mengetahui Ijazah terdaftar di Dikti / SIVIL, silahkan isi Formulir Verifikasi Sivil mulai dari Perguruan Tinggi, Program Studi, Nomor Ijazah, dan Angka Pengaman.

Formulir Verifikasi pada Website SIVIL

Silahkan klik verifikasi, apabila ijazah terdaftar maka ijazah anda akan tampil dan apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar maka tidak akan muncul.

Cara Verval Ijazah di Dapodik

Dapodik adalah Sebuah Aplikasi Lokal Satuan Pendidikan yang terdaftar pada database, untuk melakukan pendataan data pokok pendidikan.

Mulai dari pendatan identitas sekolah, sarana prasarana, guru dan tenaga administrasi, siswa, rombongan belajar, mata pelajaran, pendidikan guuru, dan lain sebaginya.

Semua akan terdata pada aplikasi dapodik, sehingga menghasilkan data yang berkualitas dari satu pintu. Dapodik mampu mengidentifikasi keakurasian data yang dikirim oleh sekolah.

Apabila bapak ibu menanyakan bagaimana cara verval ijazah di dapodik?

Cara verval ijazah ptk bisa melakukannya secara mandiri pada laman Info GTK, adapun dapodik adalah cuma mengirimkan data yang telah operator inputkan ke server pusat, sehingga akan tampil pada Info GTK.

Untuk memasukan data Pendidikan Guru bisa melakukannya pada Aplikasi Dapodik oleh Operator Sekolah, kemudian operator sekolah akan melakukan sinkronisasi.

  • Login ke Aplikasi Dapodik
  • Kemudian Masuk ke Pangaturan
  • Klik Tukar Akses Pengguna
  • Masukan Kode Registrasi Dapodik
  • Pilih Guru yang Bersangkutan
  • Klik Ubah
  • Pilih Kembali Riwayat Pendidikan Formal
  • Silahkan Tambahkan Bidang Studi sampai Nilai IPK
  • Simpan

Hasil akhir cara verval ijazah di dapodik sebagai berikut:

Cara Cek Verval Ijazah

Silahkan lakukan sinkronisasi oleh Operator Sekolah, maka hasilnya akan akan tampil pada Info GTK, seperti berikut ini.

Hasil Perbaikan Ijazah pada Dapodik
Contoh Hasil Input Riwayat Pendidikan pada Aplikasi Dapodik

Cara memperbaiki verval ijazah yang salah bisa anda lakukan apabila kesalahan inpunya seperti gambar di atas, seperti Nama Perguruan Tinggi, Fakultas, Bidang Studi dan Tahun Masuk/Lulus.

Sementara ini cara edit verval ijazah di info gtk tidak bisa kita lakukan, tetapi semoga ada update kedepannya, pastikan saja perguruan tinggi sudah melakukan verval sivil, sehingga ijazah kita bisa terbaca dan terverifikasi.

Semua guru sangat mengharapkan solusi cara perbaikan verval ijazah ini, karena masih banyak perguruan tinggi belum memasukan nomor ijazah pada Aplikasi SIVIL.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini yang bisa kami bagikan, semoga cara cek verval ijazah bermanfaat. Terimakasih

3 Responses for Cara Cek Verval Ijazah Seleksi P3K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *