Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

contenttop

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Adapun 4 Program tersebut adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP).

Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) yang telah melakukan pencairan saldo program Jaminan Hari Tua (JHT) dapat melakukan tracking tanpa harus ke kantor BPJAMSOSTEK.

Bahwa BPJAMSOSTEK saat ini telah memiliki fitur Tracking Klaim JHT untuk mengetahui status Klaim JHT bisa kamu akses di laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking. lebih jelasnya seperti gambar di bawah.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

Pada tampilan gambar di atas menunjukan bawah cek klaim bpjs dengan menggunakan nomor kpj dan bisa juga menggunakan no NIK.

Seperti diketahui, saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan dapat dicairkan seluruhnya atau sebagian.Untuk klaim 100 persen saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan maka syaratnya sudah berhenti bekerja satu bulan atau memasuki masa pensiun.

Sementara bagi peserta yang ingin mencairkan sebagian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, dipersyaratkan telah menjadi peserta minimal 10 tahun dan masih bekerja saat pengajuan.

Baca Juga : Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Pencairan sebagian ini terbagi dua yakni sebesar 30 persen untuk bantuan uang muka perumahan ataupun 10 persen untuk keperluan lainnya.

Saat ini, akibat wabah Covid-19 BPJAMSOSTEK mengurangi kontak fisik saat melakukan pelayanan kepada peserta, terutama saat pencairan saldo JHT.

BPJAMSOSTEK telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK), yang terdiri dari kanal online dan offline.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

Protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak bulan Maret lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id, terus disempurnakan.

Bahkan kini peserta yang mengalami kesulitan mengakses LAPAK ASIK online, dapat dilayani langsung di kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia, karena LAPAK ASIK juga memiliki kanal offline, namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Klaim nomor antrian online pencairan JHT dilakukan dengan dua cara yakni melalui website dengan alamat antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU yang dapat diunduh dari playstore.

Peserta akan diminta mengupload tujuh dokumen untuk mencairkan klaim JHT dimaksud. Dokumen yang dibutuhkan yakni scan kartu peserta Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan (KPJ). Peserta juga dapat melampirkan kartu digital yang diunduh dari aplikasi BPJSTKU.

Persyaratan yang Harus Dipersiapkan

Selanjutnya silahkan lampirkan salinan KTP, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan dari perusahaan, salinan buku rekening yang masih aktif, foto peserta dan formulir permohonan pencairan JHT BPJAMSOSTEK yang sudah diisi dan ditandatangani.

Seluruh dokumen akan diverifikasi oleh petugas. Hasil verifikasi akan diberitahukan secara digital melalui Whatsapp, email, SMS atau telepon. Peserta akan menerima pencairan uang JHT nya dalam rekening yang sudah ditentukan sesuai tanggal yang diberitahukan petugas.

Jangan lupa kalian sering-sering buka email untuk mendapatkan informasi bahwa dokumen kalian sudah sesuai dengan database BPJS Ketenagakerjaan.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

Sebelum ke tahap klaim, silahkan kalian daftar pengguna terlebih dahulu di BPJSTKU di laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id bisa juga melalui Aplikasi BPJSTKU hasil unduhan dari Playstore.

Cara Daftar Pengguna BPJSTKU (Ketenagakerjaan)

1. Pertama silahkan akses laman di atas, kemudian klik daftar pengguna

2. Selanjutnya akan muncul Form Pendaftaran Data Segmen, adapun yang harus diperhatikan adalah Segmen (PU, PBU, PMI), silahkan sesuaikan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan jangan lupa masukan email aktif kemudian klik tombol KIRIM.

3. Silahkan cek email yang kamu daftarkan untuk mengetahui 6 digit kode verifikasi.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

4. Masukan 6 dikig kode verifikasi tersebut kemudian klik verifikasi.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

5. Langkah kelima masuk ke tahap Form Pendaftaran Pengguna, masukan data-data yang dipinta, seperti NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor Handphone, No. KPJ dan Kata Sandi (untuk login di BPJSTKU).

Perlu diperhatikan pengisian Form Pendaftaran data yang diinput jangan ada perbedaan sedikitpun antara data di BPJS Ketenagakerjaan dan Data di Disdukcapil, jika ada perbedaan sudah dipastikan ditolak.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

Jika sudah melakukan pendaftaran, saatnya kita mengajukan Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online dengan mudah bersama panduan di web smpn 6 gunungkencana. yang diterbitkan oleh Kang Jae.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Pada tahap klaim ini saya pastikan kalian sudah melakukan pendaftaran sebelumnya dan sudah mempunyai akun pada BPJSTKU.

1. Pertama silahkan masuk ke laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id tampilannya seperti di atas, kemudian masukkan Email dan Password yang didaftarkan.

2. Langkah kedua adalah jika sudah masuk ke beranda kalian, silahkan pilih KLAIM SALDO JHT, kemudian akan muncul pengajuan klaim, silahkan pilih KPJ (No. KPJ akan otomatis muncul) dan Keperluan (Cek Status Klaim atau Pengajuan Klaim), pilih Pengajuan Klaim dan akan muncul 3 jenis klaim silahkan pilihan sesuai dengan pengajuan kamu.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

3. Langkah terakhir setelah klik KIRIM, kalian akan di arahkan ke laman Lapak Asik. adapun dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
KTP
Kartu Keluarga
Surat Keterangan Berhenti Bekerja / Surat Keterangan Habis Kontrak
Buku Rekening pada halaman yang tertera Nomor Rekening dan masih aktif
Foto Diri terbaru (tampak depan)
Formulir Pengajuan JHT
NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo diatas Rp. 50.000.000,-)

Pastikan seluruh dokumen di atas sudah lengkap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, kurang lebih tampilan keseluruhannya seperti berikut:

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Berikut Caranya

4. Terakhir adalah Konfirmasi Data Pengajuan, silahkan tunggu balasan dari BPJS Ketenagakerjaan, biasanya masuk ke Email selambatnya satu minggu dari Pengajuan Klaim.

Demikian postingan kali ini yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, jika berkenan dan mera bermanfaat silahkan bagikan kembali ke jaringan sosial.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *