Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form

Hallo sahabat semuanya, kali ini Admin akan posting salah satu permintaan dari teman untuk membuatkan sebuah tutorial Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form, hal tersebut membuat saya tertarik untuk membahas artikel ini.
Google Form ini sangat banyak kegunaannya yang penting kita tau bagaimana cara menggunakannya, walaupun Google Form banyak manfaatnya apabila kita tidak bisa menggunakannya, hal tersebut menurut saya sangat sia-sia.
Kegunaan Google Form ini bisa teman-teman gunakan untuk kepentingan apa saja, seperti Formulir Online, Angket Online, Ujian/Tes Online, dan masih banyak lagi kegunaannya, admin tidak bisa menyebutkan satu persatu.
Pada postingan kali ini admin membatasi Bagaimana Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form dengan Baik dan mudah untuk dipraktekan oleh teman-teman.

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form

1. Langkah Pertama

Silahkan teman-teman buka pada web browser yang digunakan, di sini admin menggunakan Google Chrome kemudian silahkan ketikkan docs.google.com/forms. atau bisa langsung kunjungi link Google Form DI SINI.
Kemudian akan muncul halaman Google Form, kemudian silahkan pilih tanda “+” atau Blank. tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Gambar: Pembuatan Dokumen Baru Google Form

2. Langkah Kedua

Pada langkah kedua ini, teman-teman bisa langsung memasukan Judul, Deskripsi dan Isian yang teman-teman inginkan.
Di sini saya akan mencoba Membuat Formulir Online dengan Google Form, dengan Judul “Formulir Pesanan Smartphone Tahun 2020” dan Deskripsi “Formulir ini resmi untuk digunakan oleh Karyawan PT. Mundur Maju yang Ingin memesan Smartphone Tahun 2020“.
Gambar: Pemberian Sebuah Judul dan Deskripsi Google Form

3. Langkah Ketiga

Langkah ketiga ini, kita akan mencoba memasukan data yang dibutuhkan pada Google Form, di sini saya menggunakan Judul Formulir Pesanan, maka saya akan meminta data seperti Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat Rumah, No. Handphone, Merek Handphone, dan lain sebagainya, silahkan sesuaikan saja oleh teman-teman dengan kebutuhan masing-masing.
Bagaimana cara membuat hal tersebut, silahkan teman-teman pilih tanda langsung masukan datanya, pada kotak yang sudah disediakan, misal saya membuat Form Ke satu Nama Pemesan dan  jangan lupa pilih bentuk sebuah jawabannya, di sini saya memilih Jawaban Singkat. Lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Tampilan Membuat Pertanyaan dan Jawaban Singkat
Silahkan Isikan kembali Biodata Lainnya dengan cara Pilih tanda “+” atau Kuesioner Baru, lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Membuat Data/ Kuesioner Baru
Kemudian silahkan seperti biasa lakukan seperti tahap sebelumnya, dan saya akan memasukan Tanggal Lahir, jadinya akan seperti gambar di bawah:
Gambar: Contoh Meminta Data Tanggal, Bulan, Lahir
Untuk langkah selanjutnya silahkan sesuaikan dengan keinginan teman-teman langkahnya seperti biasa pilih tanda “+” di sebelah kanan.
Gambar: Pembuatan Kuesioner
Gambar: Pembuatan Formulir Online
Gambar: Pembuatan Formulir Online
Dan pada Form terakhir saya mencoba, untuk mengunggah Scan KTP, nanti Responden/ Peserta diminta untuk mengunggah Scan KTP, langkahnya sebenarnya sama tetapi teman-teman harus memilih jawaban File Upload, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Cara Membuat Form Upload
Jika merasa sudah beres pembuatan Google Form, maka kita akan mencoba mereview / melihat hasilnya dengan cara silahkan pilih tanda “Mata” di bagian atas, lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Melihat Hasil
Gambar: Hasil/ Preview

4. Langkah Keemat

Pada langkah keempat ini, kita akan mencoba Google Form tersebut bisa di akses oleh Anggota/ Responden teman-teman, dengan cara silahkan pilih / Klik “SEND” yang berada di sebelah kanan atas, lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Membuat Link Akses Ke Google Form – 1
Jika sudah maka akan muncul dialog baru, silahkan pilih tanda “url” dan jangan lupa Ceklis Shorten URL dengan tujuan untuk memperpendek Url yang akan kita bagikan, untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini:
Gambar: Membuat Link Akses Ke Google Form – 2
Nah.. silahkan teman-teman Copy dan bagikan Link tersebut ke jaringan sosial yang digunakan, seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, atau Website.
Mudah Bukan Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form, sebenarnya masih banyak fitur untuk mempercantik Google Form teman-teman, silahkan kembangkan sendiri mulai dari desainnya sampai dengan isi dari Google Form tersebut.
Mungkin cukup sekian artikel kali ini yang bisa mimin bagikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke jaringan sosial yang teman-teman gunakan dan apabila masih ada yang harus ditanyakan, silahkan tuliskan pada kotak komentar. Terimakasih

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *