Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

Hallo sahabat Operator Nusantara kali ini ini saya akan membagikan tips bagaimana Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi pada Dapodik Versi 2021.

Tips ini sudah diuji coba kebenarannya, sehingga bapak ibu jangan khawatir lagi dengan keadaan Akun Tidak Terverifikasi, selagi kita mau membaca dan action.

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 untuk Akun Dapodik Satuan Pendidikan dan input data

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

  • Hubungi Admin Dapodik (KK Kab/Kota)

Apabila bapak ibu sudah tidak ada jalan lagi untuk memverifikasi akun sangat disarankan untuk menghubungi Dinas Pendidikan

Di sinilah peran Admin Dapodik KK Kab/Kota harus proaktif dalam melayani, sehingga satuan pendidikan tidak kebingungan.

  • Siapkan Email Lembaga Aktif dan Password

Sebelum menghubungi Dinas Pendidikan siapkan terlebih dahulu Email Lembaga dan Password, tentunya email aktif yang bisa dibuka

Dan perlu diketahui juga bahwa Password harus minimal 5 karakter (boleh lebih dari 5 karakter) kombinasi huruf besar dan angka untuk menjaga keamanan

  • Masuk ke Manajemen Sekolah

Manajemen Sekolah silahkan akses pada laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ kemudian silakan login menggunakan akun/email lembaga dan password yang sudah daftarkan (update) melalui Admin Kab/Kota tersebut.

  • Verifikasi Akun PTK

Langkah selanjutnya silahkan lanjutkan untuk melakukan verifikasi akun tiap PTK dengan cara Klik Data Pokok, lalu silahkan Klik menu AKUN maka akan tampil data akun individu.

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

  • Pilih Jenis Akun PTK, lalu akan muncul semua data PTK yang sudah terdaftar akun ptk pada dapodik (dapodik sebelumnya).
  • Silakan pilih PTK yang akan di update, isi email PTK yang aktif, lalu isi password baru, dengan minimal 5 karakter dari kombinasi huruf besar dan Angka.

Email akan terisi otomatis sesuai data sebelumnya, apabila ada perubahan email ptk, silakan isi email baru ptk yang harus aktif, tampilan akan berubah ke menu asal apabila update akun berhasil.

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

  • Tugas Operator silahkan semua PTK harus update akun/ password sangat direkomendasikan perbaharui password semua PTK.

Cara Verifikasi Akun PTK / Guru Secara Mandiri

Jika Operator Sekolah sudah update Email dan Password tiap PTK/Guru pada laman Manajemen Sekolah, silahkan informasikan kepada PTK/ Guru bawah sudah bisa dilakukan verifikasi secara mandiri.

Langkah-langkahnya seperti di bawah ini

  1. Silahkan buka Manajemen PTK pada lamana : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id oleh semua PTK untuk melakukan verifikasi akun, yang nantinya akan meminta kode registrasi yang masuk ke email kotak masuk/atau cek pada SPAM di Email PTK tersebut.
  2. Apabila masing-masing PTK berhasil verifikasi akun, lanjutkan untuk Registrasi Dapodik via offline (prefill) atau Via Online.

Dan apabila sudah sudah Registrasi, silahkan Sinkronkan saja untuk menarik perubahan data PTK agar masuk ke Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Cara Mengisi Dapodik Versi 2021

Apabila Registrasi sudah berhasil silakan login, dan silahkan isi data pada semua menu pada aplikasi dapodik, Sekolah, Sarpras, PTK, Peserta Didik, Rombel (tarik rombel/kenaikan kelas), Pembelajaran, dan lain-lain.

  • Klik Validasi Lokal untuk mengetahui data yang masih Warning dan Invalid. klik semua menu Sarpras sampai referensi utk mengetahui proses validasi.
  • Ketika Peringatan dan Tidak Valid adalah 0 (tidak merah)
  • Maka lakukan persiapan sinkronisasi melalui Akun PTK (yang jenis PTK nya adalah Kepala Sekolah).
  • Silakan ke menu pengaturan, untuk mengubah Akses Pengguna, pilih akun PTK yang menjadi Kepala Sekolah, lalu silahkan isi Kode Registrasi (10 digit).
  • Tunggu proses akun akan beralih ke Akun Kepsek.
  • Apabila sudah masuk pada akun Kepala Sekolah, lakukan validasi terlebih dahulu, sampai tidak ada Invalid, lalu klik menu Sinkronisasi, maka akan muncul Tampilan Sinkronisasi.
  • Menu akan berubah ke menu konfirmasi untuk validasi data/conteng konfirmasi data yang telah di input oleh petugas pendataan (Admin Sekolah).

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

  • Apabila sudah tercentang semua data/konfirmasi data, silakan klik Lanjut untuk proses sinkronisasi, pastikan koneksi internet sudah terhubung pada perangkat, lalu silahkan klik Tombol Sinkronisasi.
  • Tunggu proses sampai 100%, apabila berhasil, maka akan tampil proses sinkronisasi, dan notifikasi lain-lain pada perangkat.
  • Proses sinkronisasi selesai, silakan langsung keluar pada aplikasi.

Apabila ada perubahan data kembali, silakan login dengan menggunakan akun admin sekolah (email lembaga) lalu lakukan proses validasi, tukar akses pengguna ke Akun Kepala Sekolah, lalu lanjutkan proses sinkronisasi.

Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi

Verifikasi akun pada sistem Dapodik di laksanakan sampai dengan Sabtu, 31 Oktober 2020. Akun yang tidak terverifikasi sampai dengan batas waktu tersebut akan di hapus dari database Dapodik.

Perlu Anda ketahui bahwa Verifikasi akun di laksanakan pada laman berikut ini:

Cara Verifikasi Akun Dapodik

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam verifikasi akun dapodik, kami juga menyediakan berupa video bagaimana cara verifikasi akun dapodik dengan benar berupa video tutorial.

Silahkan Anda lihat tutorial verifikasi akun dapodik dan cara ganti email dapodik 2021 langsung terverifikasi tanpa harus ke dinas pendidikan.

  • Cara Verifikasi Akun Dapodik

  • Cara Ganti Email Dapodik Langsung Terverifikasi

Mungkin cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat dan apabila masih ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kotak komentar. Terimakasih

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *