Cara Verifikasi Ijazah Melalui SIVIL Kemdikbud

contenttop

Hallo sahabat semuanya pada kesempatan ini kami akan update informasi Pendidikan tentang Verifikasi Ijazah dengan Aplikasi SIVIL Kemdikbud.

Akhir-akhir ini Kemdikbud banyak meluncurkan sebuah aplikasi berbasis website untuk keperluan validasi ijazah, untuk menata administrasi guru, mulai dari ijazah sampai ke data personal guru yang terhubung dengan disdukcapil.

Mungkin Kemdikbud mempunyai sebuah rencana dalam hal ini baik keperluan Rencana Pelaksanaan Seleksi P3K, maupun rencana lainnya.

Pada postingan sebelumnya kami telah memberikan tutorial cara verval ijazah rencana pelaksanaan seleksi P3K yang bisa bapak ibu pelajari mandiri.

Banyak pertanyaan dari teman-teman ketika verval ijazah banyak data yang masih kosong, seperti nomor ijazah salah, nim tidak ditemukan, tanggal masuk kuliah kosong, tanggal lulus kosong, masih banyak lagi permasalahan lainnya.

Selain bapak ibu melihat data history atau arsip kuliah di forlap dengan cara cek nomor induk mahasiswa, kita juga harus melakukan verifikasi ijazah pada website SIVIL Kemdikbud.

Apa yang dimaksud SIVIL Kemdikbud?

Maksud dari SIVIL adalah Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada beranda Web SIVIL Kemdikbud sudah jelas memberikan klaim bahwa Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL.

Untuk menggunakan SIVIL anda harus memastikan mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar, tampilannya seperti berikut:

Cara Verifikasi Ijazah Melalui SIVIL Kemdikbud
Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik

Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Selain Website SIVIL Kemdikbud anda juga yang bisa kita gunakan dengan laman ijazah.ristekdikti.go.id, tetapi website ini sebelumnya bisa diakses tetapi sekarang sudah tidak bisa diakses.

Menurut kami website tersebut sudah dialihkan ke ijazah.kemdikbud.go.id, karena setelah sivil sudah bisa dikases, laman ijazah.ristekdikti.go.id tidak bisa diakses kembali.

Bagaimana Cara Verifikasi Ijazah pada SIVIL Kemdikbud?

Berikut ini akan memberikan tutorial cara verifikasi ijazah di sivil kemdikbud, dilengkapi dengan gambar tujuannya untuk mempermudah bapak ibu.

1. Mengisi Formulir

  • Pertama silahkan anda akses laman ijazah.kemdikbud.go.id, kemudian akan mucul Formulir Aplikasi seperti gambar di bawah.
Verval Ijazah P3K
Formulir Verifikasi Ijazah
  • Langkah selanjutnya, silahkan bapak ibu Ketikkan Perguruan Tinggi (akan muncul secara otomatis) dan Program Studi akan muncul juga secara otomatis.
  • Jangan lupa masukkan Nomor Ijazah dan Angka Pengaman, hasilnya akan seperti berikut ini:

Verval Ijazah P3K

2. Verifikasi

  • Untuk tahap akhir silahkan Klik Verifikasi, jika tidak terdaftar saran dari SIVIL adalah silahkan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah.

Sementara ini kami coba verifikasi ijazah pada SIVIL Kemdikbud, masih terdapat eror mungkin nomor ijazah kami tidak terdaftar.

Apa mungkin juga websitenya masih dalam perbaikan, sehingga tidak bisa menemukan Nomor Ijazah yang kami inputkan.

Kami akan kembali update postingan ini apabila ada pemberitahuan terbaru dari SIVIL Kemdikbud, dan tidak ada salahnya bapak ibu mencobanya.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa bagikan kembali ke jejaringan sosial yang bapak ibu gunakan, agar teman kita juga mengetahuinya. Terimakasih

contentbottom

4 Responses for Cara Verifikasi Ijazah Melalui SIVIL Kemdikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *