Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

contenttop

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – BPJSTKU merupakan aplikasi resmi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, badan hukum yang bertugas memberi jaminan kehidupan bagi pekerja Indonesia, yang diperkenalkan sejak 2018.

Melalui aplikasi ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengecek saldo jaminan hari tua (JHT).

Besaran saldo yang di terima para peserta merupakan akumulasi dari iuran setiap bulan dengan hasil pengembangan dana yang di kelola BPJS Ketenagakerjaan.

Akumulasi dana tersebut bisa di tarik oleh peserta ketika mencapai usia pensiun atau berhenti bekerja, meninggal dunia atau mengalami cacat total.

Besaran iuran sendiri bervariasi tergantung jenis peserta.

Untuk pekerja Penerima Upah (PU), besaran iuran adalah 5,7 persen dari upah bulanan yang Anda laporkan yang mana 3,7 persennya di tanggung oleh perusahaan.

Sementara untuk pekerja mandiri atau Bukan Penerima Upah (BPU), besaran iuran adalah 2 persen dari upah yang di laporkan. Iuran bagi pekerja migran Indonesia (PMI) pun dipatok kisaran Rp105.000-Rp600.000 per bulannya.

Apakah BPJSTKU bisa di download di playstore?

Apakah BPJSTKU bisa bapak ibu download secara gratis melalui mobile secara mandiri, untuk mempermudah pengguna BPJS Ketanagakerjaan.

Aplikasi BPJSTKU dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru

Dan pengecekan saldo bagi Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang telah ikut serta dalam program ini.

Selain itu, Aplikasi BPJSTKU juga menyajikan simulasi penghitungan JHT, informasi kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja, dan informasi terkini soal BPJS Ketenagakerjaan.

Semoga bapak ibu bisa dipermudah dengan adanya Aplikasi BPJSTKU ini.

Bagi peserta yang telah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan, peserta hanya perlu melakukan registrasi pada aplikasi BPJSTKU yang bisa di unduh di Play Store dan App Store.

Berikut Cara Registrasi di BPJSTKU Melalui PC:

Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  • Jika tampilannya sudah seperti di atas, silahkan Klik Daftar Pengguna.
  • Kemudian silahkan pilih segmen yang anda tuju seperti PU (Penerima Upah), BPU (Bukan Penerima Upah), PMI (Pekerja Migran Indonesia), lebih jelasnya seperti gambar di bawah:

Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  • Selanjutnya, silahkan masukkan email, kemudian KIRIM, silahkan cek email dan anda akan mendapatkan Kode Verifikasi Email, contohnya seperti berikut.

Cara Registrasi di BPJSTKU Melalui PC

  • Masukan Kode Verifikasi tersebut ke kotak yang sudah disediakan, kemudian Klik Verifikasi

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

  • Langkah selanjutnya, jika sudah Klik Verifikasi
  • Maka anda akan di bawa ke tahap selanjutnya yaitu pengisian NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor Handphone, dan Kata Sandi.

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Cara Registrasi di BPJSTKU Melalui Aplikasi BPJSTKU

Pada tahapan registrasi pada Aplikasi bpjstku, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah cara registrasinya yang sudah kami berikan di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS.
  2. Buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”
  3. Pilih jenis kepesertaan Anda, misalnya PENERIMA UPAH (PU)
  4. Masukkan data yang di minta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP
  5. Kemudian masukkan kembali nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  6. Masukkan alamat e-mail aktif untuk keperluan verifikasi, masukkan kode yang di terima
  7. Selanjutnya Anda di minta nomor ponsel aktif untuk keperluan verifikasi selanjutnya
  8. Masukkan kode verifikasi yang di terima melalui SMS dan buat password untuk akun BPJSTKU
  9. Bagaimana Cara Cek Saldo BPJS Ketanagakerjaan?

Bagi bapak ibu yang ingin mengetahui dari saldo BPJS Ketanagakerjaan, sekarang sudah pemerintah permudah melalui genggaman smartphone yang sudah bapak ibu Install.

Sebenarnya cek saldo BPJS Ketanagakerjaan bisa Anda lakukan melalui PC dan Smartphone, tergantung mana yang bapak ibu anggap mudah.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui BPJSTKU

Bagaimana jika sudah registrasi untuk mengetahui saldo bpjs Ketenagakerjaan? Silahkan Anda ikuti langkah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi BPJSTKU
  2. Masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang Anda buat dalam proses sebelumnya untuk proses login
  3. Setelah berhasil login, pilih fitur “LIHAT SALDO”
  4. Jumlah saldo akan terlihat, rincian dari riwayat iuran bisa pula Anda cek

Bisa lihat Video Cara Cek Saldo BPJS Ketanagakerjaan di bawah ini atau pada Link https://youtu.be/cOMd-mkFkPg

Dari teman-teman banyak bertanya pengertian segmen PU BPU PMI, nah pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit pengertian tersebut.

Apa itu segmen PU BPU PMI?

Sudah kita kethaui bersama bahwa manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

PU adalah Penerima Upah dan BPU ialah peserta Bukan Penerima Upah (BPU) dan PMI (Pekerja Migran Indonesia).

Perlindungan BPJamsostek pada dasarnya mencakup tiga jenis kepesertaan, yaitu Penerima Upah (PU), BPU, dan PMI yang sudah saya sebutkan di atas.

Namun untuk saat ini layanan yang Anda dapat lakukan melalui aplikasi LinkAja adalah pembayaran BPJamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta BPU dan PMI.

BPU adalah setiap pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri, seperti pedagang, pengendara ojek, petani, dan lain sebagainya.

Sedangkan PMI adalah setiap warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Indonesia.

Call Center BPJS Ketenagakerjaan 2020

Call Center BPJS Ketenagakerjaan 2020 melayani Anda selama Office Hour pada Nomor 1500910 dan dapat Anda akses melalui telkom dengan tarif pulsa lokal dari seluruh Indonesia.

Untuk akses dari handphone dapat Anda lakukan dari semua operator GSM & CDMA dengan wilayah cakupan nasional dan tarif flat, biasanya ini memakai biaya besar, untuk mengindari putus ditengaj jalan silahkan isi pulsa secukupnya.

Download Aplikasi BPJSTKU untuk PC

Jika anda ingin mendownload BPJSTKU untuk PC, sementra ini bisa menggunakan Aplikasi tambahan seperti Bluestacks.

Bluestacks biasanya di gunakan untuk memainkan game smartphon yang akan di mainkan di PC, dengan demikian anda juga bisa install BPJSTKU pada PC dengan mudah.

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Cara Install BPJSTKU untuk PC dengan Bluestacks

  1. Silahkan kalian download dan install terlebih dahulu Bluestacks
  2. Kemudian seperti biasa sama halnya pertama kalian aktifkan smartphone baru yaitu membutuhkan akun gmail
  3. Kemudian kalian gunakan saja email yang kalian punya.
  4. Setelah berhasil, silahkan masuk ke Playstore dan cari BPJSTKU dan install
  5. BPJSTKU akan muncul pada Dasktop PC Kalian
  6. Selesai

Adapun cara penggunaannya sama seperti BPJSTKU pada Smartphone, bahkan tampilan dan menu-menunya sama persis tidak ada perbedaan sama sekali.

Jika masih bingung mengenai BPJS Ketanagakerjaan, silahkan tanyakan langsung pada kotak komentar, kami akan mencoba membantu.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kami bagikan kembali semoga bermanfaat.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *