Contoh Laporan Keuangan BUMDES

Contoh Laporan Keuangan BUMDES – Hallo sahabat Pendidikan SCH.ID, laporan keuangan di lembaga pemerintah adalah sifatnya wajib dilakukan oleh semua Instansi.

Maka dengan itu postingan kali ini kami akan memberikan sebuah contoh laporan keuangan yang bisa Anda unduh untuk dipelajari, sehingga Anda bisa menyusun laporan keuangan bumdes yang akan Anda buat.

Laporan Keuangan Bumdes ini akan menerima penyertaan modal untuk BUMDes, dimana dana ini berasal dari Pemerintah Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau dari dana lainnya

Dengan demikian Anda berkewajiban untuk membuat pembukuan BUMDes yang Anda kelolsa sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Contoh Laporan Keuangan BUMDES

Apa sih laporan keuangan BUMDes itu?

Sebelum kepengertian secara luas, bahwa laporan keuangan bisa diartikan dokumen yang berisi catatan-catatan penting keuang,

Di dalamnya terdapat laporan yang berisikan macam-macam transaksi tentunya yang melibatkan keuang, transaksi pembelian, penjualan bahkan kredit.

Adapun mengenai laporan keuangan, bisanya laporan ini dibuat sesuai waktu yang ditentukan oleh pemangku kebijakan tersebut.

Menurut Wikipedia laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi: Neraca. (id.wikipedia.org).

Laporan keuangan bumdes bisa kita fahami sebagai bahan laporan yang menujukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu.

Sehingga laporan keuangan BUMDes, bisa mengetahui dari segi pengelolaan keuangan BUMDes yang dapat memantau perkembangan usaha di lembaga itu sendiri.

Jika Anda adalah salah satu pegawai yang di berikan tugas membuat laporan keuangan, maka kami sudah memastikan Anda sudah membuat laporan keuangan bumdes 2018.

Informasi dalam Laporan Keuangan BUMDes

Sebelum ke contoh laporan keuangan, alangkah baiknya Anda bisa memahami informasi yang terdapat dalam laporan keuangan BUMDes.

Sehingga kami akan memberikan gambaran tentang informasi tersebut,

Adapun informasi yang terdapat dalam laporan keuangan BUMDes tentunya tidak hanya di gunakan oleh pengelola BUMDes dan manajemen saja.

Melainkan informasi tersebut, pihak lainnya pun harus dapat menggunakannya adapun pihak yang di maksud adalah pihak yang berkepentingan dalam menggunakan laporan keuangan contohnya kreditor, investor, pemerintah maupun masyarakat umum.

Fungsi Laporan Keuangan BUMDes

Jika Anda sudah memahami informasi yang terdapat dalam laporan keuangan BUMDes

Maka tahap selanjutnya Anda harus mengetahui fungsi dari laporan keuangan BUMDes tersebut.

Adapun fungsi laporan keuangan BUMDes yang bisa anda pelajari adalah sebagai berikut:

  • Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja BUMDes
  • Fungsi Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat untuk menyusun
  • Laporan Keuangan Bumdes sebagai alat mengendalikan kegiatan usaha BUMDes
  • Fungsi Laporan Keuangan BUMDes berguna sebagai dasar Pembuatan Keputusan pengelola BUMDes
  • Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak Ekstern

Jenis Laporan Keuangan

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, bahwa laporan keuangan yang lengkap terdiri, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas dan catatan laporan keuangan.

Laporan Laba atau Rugi

Pelaporan laba rugi ini bisa kita sebut sebagai profit and loss statement atau yang sering kita dengar income statement.

Laporan ini bisa kita artikan sebagai laporan keuangan yang memiliki fungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau justru mengalami kerugian pada satu periode akuntansi.

Sesuai dengan fungsinya bahwa laporan laba / rugi ini bisa kita artikan sebagai fungsi untuk mengetahui keuntungan atau kerugian sebuah perusahaan.

Selain itu Laporan laba rugi terdapat informasi mengenai pajak, evaluasi manajemen bahkan bisa membantu dalam pengambilan keputusan kebijakan suatu perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

Tahukah Anda bahwa sebuah laporan akan mengalami perubahan tak terduga, maka mengetahui laporan perubahan modal ini harus Anda pelajari, sehingga Anda bisa memahami maksud dan tujuannya.

Adapun pengertian dari laporan perubahan modal ialah laporan yang memberikan gambaran perubahan, baik berupa kemajuan ataupun pemerosotan aktiva bersih selama satu periode.

Manfaat dari laporan perubahan modal yang bisa kita ambil adalah kita dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tersebut, kemudian kita bisa mengevaluasinya.

Adapun data yang harus Anda persiapkan dalam membuat sebuah laporan perubahan modal adalah sebagai berikut :

  1. Modal Awal
  2. Prive atau Pengambilan Dana pada Periode Tertentu
  3. Perolehan Total Laba atau Rugi

Yang perlu Anda perhatikan dalam membuat laporan perubahan modal adalah Anda harus menyelesaikan dari laporan laba dan rugi tersebut, sehingga laporan perubahan modal bisa Anda susun kembali.

Pengertian Laporan Neraca

Laporan Neraca (Balance Sheet) adalah laporan keuangan yang akan menunjukkan posisi dan informasi keuangan sebuah perusahaan.

Dalam laporan neraca, Anda sebagai pengelola BUMDes akan melihat informasi tentang laporan bumdes yang di dalamnya terdapat aset BUMDes.

Selain itu Anda berkewajiban untuk mengetahui modal secara lengkap dan rinci,

Adapaun yang harus Anda perhatikan dalam membuat laporan neraca adalah Anda dapat menggunakan pedoman persamaan akuntansi seperti Aset = Kewajiban + Modal

Pengertian Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah bentuk pertanggung jawaban masuk dan keluarnya arus kas selama periode pelaporan yang sudah ditentukan.

Laporan Arus Kas ini bisa kita artikan sebagai Cash Flow Statement.

Adapun fungsi dari laporan arus kas ini adalah sebagai pemberi informasi dan indikator tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar pada priode yang akan mendatang.

Format Laporan Keuangan Bumdes Excel

Jika Anda sudah memahi poin-poin penting di atas mengenai laporan keuangan bumdes 2018 atau laporan keuangan bumdes 2020, selanjutnya kami akan memberikan contoh laporannya.

Berikut adalah contoh laporan keuangan bumdes lengkap yang bisa Anda download pada Link yang sudah kami sediakan.

Keterangan Format Laporan Keuangan Bumdes

Pada laporan keuangan Bumdes di atas,

Terdapat tiga file yang berbeda pada Contoh Laporan Keuangan BUMDES yang pertama adalah berupa file excel yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Adapun untuk mengetahui laporan keuangan bumdes lengkap,

Anda bisa mendownloadnya pada link download yang ketiga yaitu Laporan Keuangan Bumdes 2020 yang isinya BUMDes 2015, silahkan Anda sesuaikan kembali.

Kesimpulan Laporan Keuangan BUMDESa

Badan usaha milik desa (BUMDES) merupakan usaha desa yang di kelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.

Widyaiswara Pusdiklat KNPK Bapak Izzudin telah memberikan penjelasan secara gamblang mengenai peyusunan Laporan Keuangan BUMDESa.

Adapun untuk lebih jelasnya bisa Anda tonton pada video di bawah ini tentang penyusunan Laporan Keuangan BUMDESa.

Link Video Pembahasan Laporan Keuangan BUMDESa

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang Contoh Laporan Keuangan BUMDES, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *