Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha

Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha

Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha – Koperasi selaku instansi ekonomi rakyat yang mempunyai sifat sosial harus kian diciptakan dan diperkokoh dalam rencana tumbuhkan demokrasi ekonomi selaku satu diantaranya prinsip untuk terjadinya warga yang berkeadilan sosial.

Undang-undang 1945 terutamanya pasal 33 ayat 1, menyebutkan jika ekonomi Indonesia diatur selaku usaha bersama menurut atas azas kekerabatan.

Dalam keterangan pasal ini dikatakan kemakmuran wargalah yang diistemewakan bukan orang- orang dan tubuh usaha yang sama dengan itu yaitu koperasi.

Di dalam mengerjakan pekerjaan upayanya terutamanya dalam sektor administrasi koperasi dan pembukuan usaha, KSU “Mitra Kencana” berpegang di keputusan Undang-undang Perkoperasian dan PP No. 9 Tahun 1995

Mengenai pengaturan usaha taruh pinjam di pisah dengan usaha yang lain, dan sama dengan petunjuk faksi pengikut modal dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Desperindagkop).

Maka diperhitungkan ada perihal-perihal yang tak sama dengan PSAK No. 27 Mengenai Akuntansi Perkoperasian.

Hal semacam itu bisa kelihatan dalam laporan akunting yang diatur KSU “Partner Maju”, baik neraca atau di penghitungan hasil usaha (PHU).

Di neraca di kenali ada anggota baru yang belum bayar simpanan dasar dan simpanan harus ke koperasi akan tetapi tak di suguhkan selaku piutang anggota di simpanan dasar dan simpanan harus.

Di PHU, di kenali penyampaian pemasukan koperasi yang dari anggota dan non-anggota tak di suguhkan terpisah, penyampaian beban usaha dan beban perkoperasian tak di suguhkan terpisah.

Menurut PSAK No.27 simpanan dasar dan simpanan harus yang belum di terima koperasi dari anggota di suguhkan selaku piutang anggota di simpanan dasar dan simpanan wajib

Dan pemasukan koperasi yang dari anggota harus di suguhkan terpisah dengan pemasukan yang dari nonanggota, beban usaha dan beban perkoperasian harus di suguhkan terpisah dalam PHU.

Rumusan persoalan dalam riset ini yaitu : Apa penyampaian laporan akunting Koperasi Serba Usaha “Partner Maju” Daerah Sumber Sari udah sama dengan PSAK No. 27 ?

Jenis Laporan Keuangan Koperasi

Sebelum ke contoh laporan keuangan koperasi, Anda wajib memahami jenis-jenis laporan keuangan koperasi, agar ketika membuat laporan tidak ada kesalahan sedikitpun.

Berikut adalah jenis laporan keuangan koperasi yang wajib ada pada sebuah laporan keuangan koperasi adalah sebagai berikut :

  1. Neraca
  2. Perhitungan Hasil Usaha
  3. Perubahan Ekuitas
  4. Laporan Arus Kas

Laporan Keuangan Koperasi Excel

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan koperasi, kami akan memberikan contohnya berupa file Excel dan tentunya ini akan memudahkan Anda.

Sebelum Anda menggunakan contoh ini, Anda harus memahami point penting dalam pembutan laporan koperasi, seperti Laporan Neraca, Laporan Perhitungan Hasil Usaha, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Arus Kas

Silahkan Anda Baca Postingan kami sebelumnya mengenai membuat laporan keuangan, di sana kami sudah lengkap membahas hal tersebut.

Baca Juga : Membuat Laporan Keuangan

Berikut adalah Contoh Laporan Keuangan Koperasi Excel

Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha

Contoh laporan keuangan koperasi serba usaha di atas bisa Anda Analisa sendiri, jika sudah cocok maka silahkan gunakan format excel yang bisa Anda unduh di bawah ini:

Unduh Form Laporan Keuangan Koperasi 2020

Jika Anda analisis pada Perhitungan Hasil Usaha Koperasi Serba Usaha “Mitra Kencana” Kampung Gunung di atas dan apabila PSAK No. 27 tentang Akuntansi Perkoperasian di terapkan, perlu di lakukan penyesuaian sebagai berikut :

Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usaha

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, maka silahkan Anda gunakan format microsoft excel yang bisa Anda unduh di bawah ini:

Unduh Form Contoh Jenis Laporan Keuangan Koperasi

Berdasarkan hasil analisis yang telah di lakukan terhadap laporan keuangan Koperasi Serba Usaha “Mitra Kencana” Kampung Gunung dengan menggunakan PSAK No.27

Tentang Akuntansi Perkoperasian sebagai alat analisis mengakibatkan adanya perbedaan penyajian laporan keuangan.

Koperasi Serba Usaha “Mitra Kencana” Kampung Gunung dengan penyajian laporan keuangan menurut PSAK No. 27.

Pada Neraca di ketahui adanya anggota yang belum membayar simpanan pokok dan simpanan wajib tetapi tidak di sajikan sebagai piutang simpanan pokok dan simpanan wajib.

Contoh Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam PDF

Apabila Anda mencari Contoh Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam PDF, maka Anda sudah tepat masuk pada situs kami.

Kami akan memenuhi kebuthan Anda dalam membuat laporan keuangan koperasi yang Anda kelola, dan semoga bisa membantu Anda.

Unduh Laporan Keuangan Koperasi Neraca Komparatif PDF

Unduh Laporan Keuangan Koperasi Analisa Komparatif PDF

Laporan Neraca Koperasi

Pemakai utama laporan keuangan koperasi terutama memiliki kepentingan sebagai bagian dari system pelaporan keuangan, memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Laporan keuangan merupakan bagian dari pertanggungjawaban pengurus kepada para anggotanya di dalam RAT
  2. Laporan keuangan biasanya meliputi neraca/laporan posisi keuangan,laporan laba rugi (perhitungan hasil usaha), dan laporan arus kas yang penyajiannya di lakukan secara komparatif
  3. Sesuai dengan posisi koperasi sebagai bagian dari system jaringan koperasi, maka beberapa pos/istilah yang sama akan muncul, baik pada kelompok aktiva maupun kewajiban/kekayaan bersih
  4. Laporan laba rugi (perhitungan hasil usaha) menyajikan hasil akhir yang di sebut SHU, di mana selama SHU tersebut belum di cairkan di sajikan di dalam kelompok kewajiban lancar pada neraca, kecuali cadangan koperasi di perlakukan sebagai bagian dari sisa hasil usaha yang tidak di bagi dan dapat di gunakan untuk memupuk modal sendiri serta menutup kerugian
  5. Dengan adanya konsep system jaringan koperasi dan pengaturan pemerintah, maka terdapat aktiva yang di miliki koperasi tetapi tidak di kuasainya, dan sebaliknya terdapat aktiva yang tidak di miliki koperasi tetapi di kuasai oleh koperasi.
  6. Laporan keuangan koperasi bukan merupakan laporan keuangan konsolidasi dari koperasi-koperasi.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang Contoh Laporan Keuangan Koperasi Serba Usahayang bisa kami bagikan kembali, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *