Contoh Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal – Tujuan dari pembuatan laporan modal adalah untuk mempermudah kinerja perusahaan dengan laporan modal perusahaan bisa memantau modal masuk dan modal yang sudah dikeluarkan.

Selain itu laporan modal bisa memantau pinjaman yang dibuat dan pinjaman aset sebuah perushaan, adapun laporan modal ini di susun setelah Anda membuat laporan neraca lajur dan laba rugi.

Salah satu laporan keuangan yang wajib dibuat oleh perusahaan adalah membuat laporan perubahan modal sebeb laporan ini bisa melihat perubahan yang terjadi pada modal yang ditanamkan oleh perushaan.

Pada postingan ini akan dibahas beberapa contoh laporan perubahan modal diantaranya contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang dan jasa.

Tetapi sebelum ke contoh laporan alangkah baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu pengertian laporan perubahan modal.

Contoh Laporan Perubahan Modal
Contoh Laporan Perubahan Modal

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Ada tiga komponen laporan keuangan yang wajib ada pada perusahaan yaitu laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Dengan memanfaatkan laporan perubahan modal, sebuah perusahaan akan bisa menggambarkan peningkatan atau penurunan “aktiva” bersih atau kekayaan selama priode tertentu.

Selain tiga laporan keuangan utama, yaitu laporan laba rugi, laporan neraca perusahaan jasa, dan laporan arus kas. Perusahaan harus menyiapkan laporan perubahan modal perusahaan jasa yang seringkali di sebut juga dengan istilah laporan perubahan ekuitas.

Sederhananya dapat kita definisikan bahwa pengertian laporan perubahan modal adalah sebagai laporan perubahan modal yang harus di buat oleh perusahaan

Untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode tertentu berdasarkan prinsip pengukuran yang perusahaan anut.

Laporan perubahan modal perusahaan jasa atau biasa di sebut laporan perubahan ekuitas di terapkan oleh hampir semua perusahaan jasa, karena sebagian besar setiap perusahaan tersebut memiliki struktur kepemilikan yang relatif kompleks.

Laporan perubahan modal perusahaan jasa ini sebaiknya di catat dari awal perusahaan berdiri atau setelah membuka bisnis plan perusahaan jasa tersebut.

Tujuan Dan Fungsi Laporan Perubahan Modal

Berikut ini ada beberapa poin penting dalam mengetahui tujuan serta fungsi laporan perubahan modal perusahaan jasa, yaitu terdiri dari :

  1. Memberikan informasi yang dapat membantu para investor untuk memperkirakan jumlah waktu serta ketidakpastian atas penerimaan kas atau pembagian dividen dimasa depan.
  2. Dapat mengetahui modal akhir yang dimiliki perusahaan pada periode tersebut.
  3. Memberikan bukti informasi yang dapat dipercaya dari penyebab perubahan ekuitas perusahaan dalam suatu periode.
  4. Memberikan rangkuman dari semua aktiva pembayaran dan investasi hingga dana yang dihasilkan selama periode akuntansi.
  5. Memperbaharui dan melengkapi perubahan modal kerja.

Komponen Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Laporan perubahan modal perusahaan jasa juga memiliki ikhtisar perubahan modal selama jangka waktu tertentu, contohnya satu bulan atau selama setahun.

Untuk itu di perlukan beberapa komponen yang harus Anda persiapkan. Berikut adalah komponen laporan perubahan modal perusahaan jasa:

1. Modal Awal

Modal awal yaitu sejumlah dana yang di dapat dari investasi pemilik, atau berasal dari penambahan investasi.

Oleh karena itu biasanya modal awal akan di gunakan untuk membiayai operasional perusahaan, sehingga modal awal juga dapat di klasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu operasional expense dan capital expense.

Capital expense yaitu di gunakan untuk membeli sejumlah aset perusahaan dalam jangka waktu yang lama seperti alat komputer, mesin fotokopi, meja, kursi dan sebagainya.

2. Saldo Laba atau Rugi

Untuk saldo laba rugi ini Anda peroleh dari pendapatan bersih dikurangi beban dan pajaknya. Setelah itu pengurangan tersebut di anggap menjadi laba bersih yang akan menambah modal, namun jika mengalami kerugian maka akan mengurangi modal perusahaan.

3. Pengambilan Pribadi (Prive)

Pada pengambilan pribadi atau prive adalah sejumlah uang atau laba yang Anda tarik dan ambil oleh pemiliknya atas keperluan pribadinya sendiri.

Ketika prive yang di ambil lebih besar dari laba, maka akan mengurangi modalnya. Namun jika prive yang di ambil lebih kecil dari laba maka modal terjadi kenaikan.

Prive juga dapat Anda lakukan dalam perusahaan perseorangan hingga perusahaan firmas, selain itu dividen dapat dilakukan dalam bentuk perusahaan perseroan terbatas (PT).

4. Modal Akhir

Untuk modal akhir merupakan seluruh dana yang dihitung dari jumlah yaitu dengan rumus : Modal Awal + Laba & Rugi – Prive (Penarikan Pribadi).

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Setelah Anda mengetahui apa saja komponen, tujuan dan fungsi laporan perubahan modal maka kini Anda perlu memahami cara membuat laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Setidaknya Anda sudah mengetahui cara membuat laporan laba rugi terlebih dahulu. Hal ini sangat dibutuhkan, agar Anda nantinya mudah dan dapat mengikuti laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Berikut ini ada dua hal yang harus Anda perhatikan di dalam laporan laba rugi dan bagaimana cara membuat laporan perubahan modal yaitu :

1. Contoh Laporan Laba Rugi

Sebelum ke contoh laporan perubahan modal perusahaan Jasa, maka kami akan memberikan sebuah contoh laporan laba rugi yang harus Anda fahami dan memastikan Anda bisa membuatnya.

Karena laporan laba rugi adalah modal utama yang harus Anda pelejari, sebelum ke tahap pembuatan laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Berikut adalah Contoh Laporan Laba Rugi

laporang keuangan perusahaan
Contoh Laporan Laba Rugi

2. Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Setelah Anda memahami cara membuat laporan laba rugi yang sudah kami berikan di atas, maka selanjutnya kita akan membahas laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Mari kita membuat laporan neraca perusahaan jasa serta laporan keuangan lainnya, yang bisa Anda pelajari juga pada Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa yang kami berikan nanti.

Maka laporan keuangan tersebut bisa Anda jadikan sebagai hasil pembukuan bisnis Anda, yang biasanya berisi seluruh data keuangan bisnis secara menyeluruh sehingga Anda bisa mengetahui kesehatan keuangan bisnis Anda dengan baik.

Wajiab Anda lakukan ketika membuat perencanaan laporan keuangan, Anda harus membuat laporan lebih matang lagi, hal ini bisa di lakukan dengan cara pengecekan data yang berulang secara faktual.

Contoh Laporan Perubahan Modal
Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Kami rasa Anda sudah mulai memahami cara membuat laporan perubahan modal perusahaan jasa dengan di berikannya contoh-contoh di atas.

Selanjutnya kita akan memahami kembali bagaimana cara membuat laporan perubahan modal perusahaan dagang yang akan kami berikan juga contohnya.

Tetapi sebelumnya Anda harus memahami fungsi dan manfaat uatam laporan perubahan modal ini yang bisa Anda pelajari dan fahami. Berikut adalah fungsi dan manfaat utama dari laporan perubahan modal:

  1. Sebagai Sumber Data Keuangan
  2. Mengikhtisarkan Aktiva Pembayaran dan Investasi
  3. Merekam Dana yang Di peroleh dalam Satu Periode Akuntansi
  4. Menyajikan Data Perubahan Modal

Dari ke empat fungsi dan manfaat utama di atas, Anda sekarang sudah mempunyai gambaran dalam mebuat sebuah laporan perubahan modal perusahaan dagang.

Selanjutnya kita akan mempelajarai komponen-komponen penting dalam penyusunan laporan perubahan modal yang akan kita buat.

Komponen Penyusun Laporan Perubahan Modal

Sama halnya dengan laporan keuangan lainnya, laporan ini juga memiliki beberapa komponen penyusun yang harus ada. Apa saja komponen penyusunnya?

  1. Modal Awal : Anda bisa melihat atau mendapatkan saldonya di neraca saldo.
  2. Tambahan Investasi : Tidak semua perusahaan memiliki ini. Tapi jika tambahan investasi terjadi, maka Anda bisa melihatnya di jurnal penyesuaian.
  3. Laba atau Rugi Bersih : Anda bisa mendapatkan data laba atau rugi bersih ini di kolom neraca lajur bagian laba rugi atau di laporan laba rugi yang sudah dbuat.
  4. Data Prive : Prive sendiri merupakan pengambilan pribadi yang di lakukan oleh pemilik perusahaan. Anda bisa mendapatkan datanya di bagian debit neraca lajur.

Berikut adalah laporan perubahan modal yang di contohkan pada perusahaan dagang. Contoh ini bisa Anda pelajari apabila sudah memahami fungsi, manfaat dan komponen-komponen yang terdapat pada laporan perubahan modal.

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Pak Oman merupakan pemilik perusahaan dagang Kencana. Di tahun 2020, ia memiliki modal awal sebesar Rp. 200.000.000 dan selama tahun 2020 tersebut ia telah melakukan pengambilan pribadi sebesar Rp. 20.000.000. Di akhir periode tesebut di ketahui bahwa perusahaan merugi sebesar Rp. 30.000.000. Bagaimana laporan perubahan modalnya?

Dari Contoh soal di atas, Anda bisa membuat laporannya pada excel untuk memudahkan Anda dalam mebuat laporan.

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Jika Anda ingin mendapatkan format laporan perubahan modal xls nya, Anda bisa mengunduhnya pada link di bawah ini.

Contoh Perubahan Modal Perusahaan Dagang Format Microsoft Excel .xls (Unduh Laporan)

Nah.. kami sarankan untuk Anda, apabila tidak menguasi perhitungan laporan perubahan modal keseluruahn, tenang saja software akuntansi bisa menjadi solusinya.

Banyak penyedia Aplikasi Akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan dalam perhitungan yang berkaitan dengan modal usaha yang akan anda kelola.

Contoh Soal Neraca Lajur

Selanjutnya kami berikan contoh soal neraca lajur apabila Anda membutuhkannya dalam mempelajari Akuntansi Dasara.

Contoh neraca lajur ini akan membantu Anda dalam mempelajari ilmu akuntansi, dan tetapi yang harus Anda perhatikan adalah tahapan yang sudah kami berikan di atas.

Contoh soal neraca lajur ini kami berikan contoh kepada Anda yaitu Contoh soal neraca lajur perusahaan dagang. Silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pertanyaan : Contoh Soal Neraca Lajur

Kami berikan Data Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian milik PD. BMA bulan Desember 2019, kemuidan silahkan Anda susun Neraca Lajur dengan 8 Kolom, 10 Kolom dan 12 Kolom.

contoh laporan perubahan modal
Contoh Soal Neraca Lajur
Contoh Soal Neraca Lajur
Contoh Soal Neraca Lajur

Jawaban : Contoh Soal Neraca Lajur

  • Penyelesaian dengan 8 kolom

Contoh Soal Neraca Lajur

Berikut adalah Penjelasan Penyelesaian dengan 8 Kolom:

Untuk memperoleh nominal pada kolom Laba/Rugi dan Neraca, maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian.

Selanjutnya kita akan menyelesaikan Contoh Soal Neraca Lajur di atas dengan penyelesaian 10 kolom, berikut adalah jawaban/ penyelesainnya.

  • Penyelesaian dengan 10 Kolom

Contoh Soal Neraca Lajur

Berikut adalah Penjelasan Penyelesaian dengan 10 Kolom:

Untuk memperoleh nominal pada kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian.

Kemudian untuk memperoleh nominal pada Kolom Laba/Rugi dan Neraca, maka dapat diperoleh dari pemindahan nominal pada Neraca Saldo Setelah Penyesuaian.

  • Penyelesaian dengan 12 Kolom

Contoh Soal Neraca Lajur Penyelesaian dengan 12 kolom

Berikut adalah Penjelasan Penyelesaian dengan 12 Kolom:

Untuk memperoleh nominal pada kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian maka dilakukan penggabungan (pengurangan atau penambahan) antara nominal kolom Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian.

Kemudian untuk memperoleh nominal pada Kolom Laba/Rugi, Laporan Ekuitas dan Neraca, maka dapat diperoleh dari pemindahan nominal pada Neraca Saldo Setelah Penyesuaian.

Conotoh Laporan di atas bisa Anda jadikan sebagai contoh laporan perubahan ekuitas perusahaan dagang, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang Contoh Laporan Perubahan Modal yang bisa Anda pelajari, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *