Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan – Jika Anda ingin menjalankan bisnis, kemudian bisnis Anda tidak ingin jalan ditempat,

Maka tentunya Anda harus benar-benar mempunyai pembukuan yang benar dan terarah.

Dalam pembukuan bisnis Anda wajib tercatat pembukuan pengeluaran maupun pemasukan, ini sangat dibutuhkan dalam bisnis Anda yang akan dijalankan.

Hal ini akan sangat menopang kemajuan dalam bisnis Anda, bisnis tanpa pembukuan sangat mustahil akan maju di kemudian hari.

Kenapa Anda wajib melakukan pembukan?

Pembukuan ini bertujuan supaya nantinya perusahaan Anda dapat membuat laporan keuangan lebih mudah, rapi bahkan tepat dalam pemasukan dan pengeluaran dalam berbisnis.

Jika Anda ingin memulai berbisnis, jangan beranggapan bahwa yang bisa melakukan pembukuan seorang akuntan saja yang dapat mencatat transaksi keuangan.

Hal ini akan melemahkan Anda dalam berbisnis, karena melakukan pembukuan siapa saja bisa melakukannya selagi dia membutuhkannya.

Jangan Anda samakan pembukuan dalam laporan pribadi baik pemasukan maupun pengeluaran dengan laporan keuangan perusahaan, tentunya akan berbeda cakupannya.

Dengan Adanya laporan pemasukan dan pengeluaran tentunya akan memberikan efek keuntungan kepada perusahaan Anda, dalam hal ini membantu keputusan apa yang akan Anda ambil jika Anda seoarang manajemen perushaan.

Setelah kita menganalisa permasahan di atas, tentunya Anda harus mempelajari bagaimana cara membuat laporan keuangan, baik laporan harian maupun laporan bulanan.

Sebelum Anda melanjutkan ke tahap membuat laporan keuangan, alangkah baiknya Anda mempelajari beberapa contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian, kemudian Anda jadikan sebagai bahan referensi bisnis Anda.

Seperti Apa Contoh Pembukuan Pemasukan dan Pengeluaran ?

Agar Anda terhindar dari resiko selisih antar keuangan pribadi dengan kuangan bisnis Anda, tentunya seorang pembisnis membutuhkan sebuah contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis itu sendiri.

Apa saja sih manfaat dari mebuat contoh pembukuan pengeluaran ?

Mari kita bahas satu persatu manfaat dalam membuat contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran dalam berbisnis. Berikut adalah manfaatnya :

  • Mempengaruhi nilai suatu aset dan laba rugi usaha di masa mendatang.
  • Meminimalisir risiko hilangnya suatu produk, aset hingga uang.
  • Agar dapat mengetahui berapa jumlah utang maupun piutang.
  • Dapat memperoleh hasil dari jumlah pajak yang harus dibayarkan.
  • Daapat memperoleh hasil kemajuan dari bisnis yang dijalankan.
  • Mengontrol biaya operasional usaha.

Apakah jika Anda tidak faham dan tidak bisa melakukan pembukuan pengeluaran dan pemasukan tidak bisa melakuna bisnis ?

Jika hal tersebut ada pada diri Anda maka, jangan menyerah begitu saja, Anda bisa menggunakan layanan-layanan jasa pembuatan pembukuan untuk bisnis Anda.

Biasanya layanan jasa akan memberikan laporan penggunaan metode persediaan, debet kredit transaksi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan akuntansi, dilengkapi dengan pelaporan pajak dan perhitungannya dengan mudah.

Di samping itu Anda juga bisa mempelajari contoh-contoh pembukuan perusahaan yang akan kami bahas pada postingan kali ini.

Beriku adalah Contoh Pembukuan Perusahaan

Contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan pada bisnis ini, bisa Anda pelajari dengan mudah, sekali pun Anda pemula dalam membuat pengeluaran dan pemasukan.

Pada contoh ini kami akan membagi ke dalam dua bagian yaitu contoh pembukuan pengeluaran dan contoh pembukuan pemasukan.

1. Contoh Pembukuan Pengeluaran

Pada contoh pembukuan pengeluaran ini ada beberapa informasi yang wajib Anda garis bawahi seperti informasi mengenai pengeluaran kas usaha, bahan baku, gaji karyawan dan biaya operasional.

Dengan pembukuan pengeluaran ini, biasanya Anda bisa mengetahui pengeluaran dari modal usaha, sehingga Anda bisa mentargetkan strategi bisnis dan menggunakan modal usaha yang dapat menjadikan omset bagi bisnis Anda.

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

2. Contoh Pembukuan Pemasukan

Jika Anda sudah membuat pembukuan pengeluaran, selanjutnya Anda harus memahami kembali bagaimana cara membuat pembukuan pemasukan.

Perlu Anda perhatikan dalam pembuatan pembukuan pemasukan, silahkan Anda buat informasi catatan terpisah misakan berapa piutang terbayar dan berapa penjualan produknya.

Pada pembukuan pemasukan, wajib Anda lakukan update setiap harinya agar Anda bisa mengetahui keuntungan dan profit yang dihasilkan.

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Contoh Pembukuan Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Harian

Setelah Anda mempelajari pembukuan pemasukan dan pengeluaran, selanjutnya mari kita pelajari lagi bagaimana cara membuat pembukuan hariannya.

Adapun bentuk tabelnya coba Anda seseuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis pembukuan pada transaksi bisnis pembukuan pemasukan dan pengeluaran harian atau bulanan Anda.

Pada laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan serta harian juga Anda harus memberikan informasi yang penting di dalam tabel yang akan dibuat,

Misalakan hasil saldo setiap transaksi dan berdasarkan kode yang telah dibuat sebelumnya.

Contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian ini tak lain bertujuan untuk memberikan informasi transaksi atas kas keluar dan kas masuk pada suatu perusahaan yang Anda kelola.

Coba Anda Baca : Contoh Laporan Dana Kas Kecil

Sehingga dengan contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan barang baik harian maupun bulanan, bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan Anda.

Berikut adalah Beberapa Bentuk Contoh Pembukuan Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Harian :

1. Pembukuan Folio Dua Halaman (Skontro)

Pembukuan Skontro atau Folio Dua Halaman adalah berisikan dua halaman transaksi seperti debet dan kredit, kemudian terdiri dari beberapa tabel diantaranya :

Halaman Debit Transaksi Masuk : Tanggal uang masuk, Keterangan mudah dimengerti dan singkat, Nomor urut dan kode berdasar pada bukti masuknya uang sampai kas bertambah, dan Jumlah uang masuk sesuai dengan tanggal.

Untuk lebih jelasnya coba Anda perhatikan Contoh dari Pembukuan Skontro (Folio Dua Halaman) yang kami berikan di bawah ini:

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Halaman Kredit Transaksi Pengeluaran Kas : Selanjutnya silahkan Anda perhatikan pada halaman kredit transaksi pengeluaran kas seperti :

Tanggal pencatatan, Keterangan pengeluaran mudah dimengerti, Nomor urut dan kode pengeluaran berdasar tanggal dan Mencatat jumlah uang yang dikeluarkan.

Beriku ini adalah tabel contoh pembukuan pengeluaran halaman kredit transaksi pengeluaran kas yang bisa Anda pelajari :

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

2. Pembukuan Camera (Folio Satu Halaman)

Selanjutnya Anda harus memahami contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian yaitu berjenis folio satu halaman.

Cara membuat buku keuangan pribadi ini cocok untuk bisnis kecil karena sangat mudah dan praktis, adapun bentuk tabel pembukan transaksi adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal Pencatatan
  2. Keterangan Sumber Uang Masuk
  3. Nomor Urut dan Kode Bukti Kas yang ada termasuk untuk pemasukan ataupun pengeluaran
  4. Jumlah Penerimaan Uang pada akas terakhir, isinya jumlah saldo kas yang ada
  5. Jumlah pengeluaran dari kas yang dilakukan

Berikut ini adalah contoh yang bisa Anda pelajari mengenai pembukuan camera atau folio satu halaman yang bisa Anda pelajari :

3. Pembukuan Tabelaris

Pada tahap ketiga adalah bentuk pembukuan tabelaris dimana tabelaris bisa Anda gunakan sebagai contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian

Adapun bentuk tabelaris ini berisi informasi secara lajur atau golongan, di mana informasi ini disesuaikan dengan keperluan perusahaan bisnis Anda.

Untuk mengenai pengisiannya tidak jauh berbeda dengan contoh pembukuan usaha dengan dengan halaman folio di atas:

Untuk lebih jelasnya coba Anda pelajari contohnya di bawah ini:

Contoh Pembukuan Penjualan Baju

Sudah kami singgung di atas bahwa pembukuan adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk penjualan baju.

Anda harus mengorganisasian, menyimpan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, di dalamnya terdapat jurnal, buku besar, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan lain sebagainya.

Pembukuan tidak hanya untuk perusahaan besar saja melainkan bisa Anda terapakn pada perusahaan skala kecil supaya tidak mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan. Berikut adalah contoh pembukuan penjualan baju yang wajib Anda terapakan:

  • Pembukuan Pemesanan

Untuk mempermudah Anda dalam pembukuan baju maka silahkan Anda buat sebuah tabel pembukuan untuk mencatat semua order / pesanan yang masuk dan besaran jumlahnya.

Selain itu, berikan keterangan sudah lunas atau belum lunas di setiap order yang masuk supaya memudahkan Anda dalam melakukan rekap bulanan.

Adapun komponen pada tabel pembukuan pemesanan bisa Anda buat seperti berikut ini:

  1. Nomor
  2. Nama Pelanggan
  3. Nomor Order
  4. Tanggal Order
  5. Jumlah Order
  6. Tanggal Bayar
  7. Nominal yang Dibayarkan
  8. Resi Pengiriman

Langkah selanjutnya, jangan lupa setiap bulannya Anda jumlahkan dari semua pemesanan, kemudian silahkan Anda rekap untuk mengetahui seberapa keuntungan (omzet) yang Anda dapatkan dalam satu bulan penuh.

  • Pembukuan Pengeluaran

Pembukuan pengeluaran kedua dalam contoh pembukuan kas masuk dan keluar pada usaha Anda adalah buku pengeluaran.

Buku pengeluaran ini sangat penting Anda miliki, tujuannya untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi selama satu bulan. Misalkan pembelian barang jualan, gaji karyawan, listrik dan kebutuhan tak terduga.

Silahkan Anda buat sebuah tabel pembukuan pengeluaran sederhana dalam bisnis Anda, seperti  : Nomor, Nama Transaksi, Jumlah Transaksi, Tanggal Transaksi, Keterangan, dan Jumlah Total.

  • Pembukuan Stok

Selanjutnya yaitu pembukuan buku stok. Pembukuan stok ini sangat penting Anda miliki, sebab stok dalam usaha Anda adalah salah satu bagian penting dalam bisnis.

Fungsi dari pembukuan stok adalah mencatat seluruh stok barang, mulai dari jumlah stok yang masih tersisa dan jumlah bahan baku yang masih tersedia, dan masih banyak lagi tergantung bisnis yang Anda kelola.

Salah satu kegunaan dalam pembukuan stok adalah Anda bisa mengecek barang dagangan Anda apakah ada kesalahan dalam pencatatan

Ataupun ada barang yang hilang, selain itu Anda juga bisa menemukan selisih yang terjadi pada stok barang dagangan Anda.

Dengan begitu Anda bisa menemukan kesalahan yang di lakukan oleh Anda sendiri, maka dengan itu pembukuan stok wajib Anda miliki.

Dari penjelasan di atas tentang contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan bisa kita simpulkan bahwa pembukuan wajib kita miliki untuk melihat berjalannya bisnis / usaha kita tentunya melalui angka-angka keuangan.

Jika postingan ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kembali ke jaraingan sosial yang Anda guanakn, sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *