Freelancer: Kerja di Desa Gaji Mancanegara

Freelancer - Kerja di Desa Gaji Mancanegara
Sumber Illustrasi: pixabay.com

Freelancer: Kerja di Desa Gaji Mancanegara – Dimasa Pandemi ini, karyawan yang bekerja di luar rumah berpeluang bertemu kerumunan orang dan akhirnya ada resiko untuk tertular corona, meskipun sudah menetapkan protocol Kesehatan yang sangat ketat.

Karena kondisi seperti ini perusahaan menyiasatinya dengan menerapkan system Work from Home (kerja di rumah) atau bisa disebut remote working.

Tidak semua perusahaan bisa menerapkan system ini. Sehingga banyak juga perusahaan yang mengambil kebijakan seperti memotong gaji, meliburkan sementara dan yang paling ekstrem sampai mengurangi atau memecat karyawannya.

Tentu saja kebijakan seperti ini akan merugikan para karyawan, tapi langkah ini juga terpaksa perusahaan ambil demi keberlangsungan usahanya.

Di kondisi seperti ini, para karyawan tidak perlu patah semangat, karena saya akan berbagi pengalaman saya tentang bekerja lepas / freelance dari rumah cukup dengan menggunakan laptop dan koneksi internet. Kamu bebas menentukan jam kerja dan yang penting bisa stay safe dan tetap fight menghadapi corona.

Pekerjaan Freelancer

Sebenarnya ada banyak website untuk para pencari remote work tapi di sini penulis hanya membahas satu saja platfrom yaitu freelancer[dot]com dimana penulis mempunyai pengalaman di sana.

Secara singkat Platform ini adalah marketplace dimana pencari kerja dan employer dipertemukan. Platform ini tergolong lengkap dari segi jenis pekerjaannya.

Hampir semua profesi ditemukan di platform ini. Sehingga, kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai bidang atau pekerjaan yang kamu minati.

Tentu saja platform ini cocok bagi karyawan yang lagi menganggur karena situasi Pandemi covid ataupun bagi fresh graduate yang baru saja lulus kerja dan belum mendapatkan pekerjaan.

Bahkan, bagi kamu yang sedang bekerja dan ingin menambah penghasilan sampingan juga bisa mecobanya.

Untuk cara gabungnya kamu bisa langsung signup di websitenya melalui link https://www.freelancer.com/signup, atau jika tidak keberatan dan ingin mendapatkan coupon credit sebesar $20 bisa signup lewat link saya ini https://www.freelancer.com/get/cockroachlatoz?f=give, credit sebesar $20 ini hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat project dan menggunakan jasa para pekerja di freelancer.

Tidaklah sulit untuk mendapatkan penghasilan di platform ini. Syarat utamanya hanya 2 yaitu kamu punya niat dan portfolio yang bagus.

Freelancer: Kerja di Desa Gaji Mancanegara

Oleh karenanya, saya hanya menyarankan untuk fokus pada beberapa bidang saja yaitu pada bidang yang kamu kuasai atau paling tidak pada bidang yang kamu minati, sehingga portfolio kamu pasti akan bagus.

Beberapa tips yang saya bagikan ini cocok untuk pengguna pemula yang baru gabung freelancer dengan tipe akun personal dan gratisan.

1. Halaman Profil

Langkah yang pertama setelah signup yaitu melengkapi halaman profil kamu seperti :

  • Foto Profil Seperti pada medsos, kamu isi ini dengan foto diri kamu.
  • Tarif per jam Di freelancer ada 2 jenis project, pertama fixed project di mana freelancer di bayar dengan system lumpsum atau borongan dan kedua Project per jam, Penghasilan kamu akan di pengaruhi Jumlah Tarif per Jam. Oleh karena itu kamu wajib tentukan gaji kamu per jamnya di sini
  • Professional Headline Biasanya diisi dengan Profesi atau keahlian Kamu
  • Summary Ceritakan tentang siapa kamu di sini, seperti kelebihan, kemampuan dan apa yang kamu tawarkan sehingga akan membuat employer tertarik untuk merekrut kamu.
  • Edit sklills Pilih skill sesuai dengan kemampuan dan minat agar list pekerjaan yang muncul sesuai dengan kriteria kamu
  • Verification Untuk meyakinkan employer, verfikasi akun kamu agar terlihat professional dan tidak dianggap sebagai akun fake atau akun spam. Verifikasinya berupa verifikasi identitas, pembayaran, No.Hp, Email, dan verifikasi akun social media. Selain lebih professional, akun kamu juga lebih aman dari pembajakan.
  • Portfolio Terakhir yang paling penting adalah upload portfolio kamu supaya yang mengunjungi halaman profil kamu dapat mengetahui hasil kerja kamu secara nyata.

2. Bid Project

Setelah akun siap, sekarang saatnya menjemput rejeki di freelance. Carilah project sesuai skill dan mulailah bid project tersebut. Masukkan nominal tawaran kamu dan waktu untuk

menyelesaikannya. Isi deskripsi sebaik mungkin karena untuk akun gratis hanya dibatasi 6 kali bid per bulan. Deskripsi yang baik kira-kira berisi hal-hal seperti berikut :

  • Perkenalan dengan menyebut pengalaman, kemampuan dan keahlian kamu
  • Yakinkan employer dengan cara memberikan contoh portfolio kamu dengan mencantumkan link profil freelancer atau eksternal link tempat portfolio kamu. Jika kamu mempunyai project serupa yang pernah Anda kerjakan lampirkan saja untuk lebih meyakinkan employer agar memilih kamu
  • Penutup dengan tambahan kalimat agar employer menghubungi kita lewat freelancer chat jika ada yang ingin mereka tanyakan. Jangan sekali-kali mencoba mencantumkan email & nomor HP kamu dan menggiring employer untuk memberikan kerja di luar freelancer. Karena jika terdeteksi atau ketahuan, akun kamu bisa tersuspend.

Seringnya para employer tidak langsung memilih pemenang project, tetapi melakukan seleksi dengan cara mengubungi lewat chat dahulu untuk bertanya-tanya lebih lanjut mengenai project yang akan Anda kerjakan. Nah, di sini kalian harus pintar-pintar untuk berkomunikasi agar kamu bisa terpilih menjadi pemenang.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, jumlah bid hanya di batasi sampai 6 kali/bulan, oleh karena itu kamu harus selektif memilih Project berdasarkan jenis employernya. Walaupun profil employer tidak bisa kita lihat secara detail karena privasi, tapi ada informasi dasar yang dapat kita lihat.

Project Berkualitas Berdasarkan Jenis Employer

Berikut saya berikan 2 tips untuk memilih project yang berkualitas berdasarkan jenis employernya yang bisa Anda pelajari:

  • Hindari employer dengan negara asal India, Bangladesh, Pakistan dan china. karena biasanya project dari mereka sudah tangan yang ke 2 (outsource) sehingga jika kamu menang project fee-nya pasti sangat kecil. Selain itu kamu akan kesulitan untuk mengerjakan proyeknya karena masalah komunikasi tidak bisa secara langsung dengan end user.
  • Pilih Employer yang memiliki rating bintang 4 ke atas. Employer yang sudah pernah memberikan pekerjaan akan terlihat rating bintangnya artinya employer ini sebelumnya telah selesai memberikan project di freelancer dan pekerjanya puas pada employer ini sehingga memberikan rating bintang yang bagus serta feedback positif.

3.  Freelancer Kontes

Jadi selain bid project, freelancer juga menyediakan fitur Kontes. Karena bid hanya di batasi sampai 6x perbulan pada akun free, sambil menunggu kabar baik dari bid project tadi, gunakanlah skill kalian untuk ikut kontes.

Karena setelah kamu berhasil memenangkan kontes, selain mendapat reward berupa uang biasanya yang mengadakan kontes pasti akan memberikan rating kita bintang 5 dan feedback review yang positif.

Terkadang lewat Kontes ini akan terjalin hubungan kerja yang berkelanjutan di mana employer biasanya melakukan repeat order langsung tanpa melalui bid project.

Walaupun akhirnya tidak terjalin hubungan kerja, paling tidak kamu mempunyai review positif dari employer. Hal ini sangat berpengaruh pada reputasi akun kamu, karena urutan Bid project biasanya di urutkan berdasarkan banyaknya review dari employer. Sehingga semakin banyak review kamu, maka akun kamu akan muncul di peringkat yang paling atas.

Itulah 3 langkah awal dalam bersaing di freelancer, sesuai pengalaman penulis untuk pecah telor atau mendapatkan project pertama kali adalah sekitar 1 bulan.

Dan setelah itu, kamu akan dengan mudah untuk mendapatkan project-project selanjutnya. Dan biasanya, jika sudah mempunyai employer-employer yang senang dengan kerja kamu dan sudah terjalin komunikasi yang intens.

Maka kalian tidak perlu untuk melakukan bid lagi di freelancer karena kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk memberikan kerja secara langsung tanpa melalui freelancer.

Karena selain lebih mudah komunikasinya ada potongan fee dari freelancer yang cukup lumayan Sekian semoga sharing saya ini bisa bermanfaat terkait Freelancer: Kerja di Desa Gaji Mancanegara untuk kalian semua.

Sumber: pixelophe.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *