Gelar MBA : 5 Alasan Mengapa Harus Anda Raih

contenttop
Gelar MBA (master business administration)
Gelar MBA (Master of Business Administration)

Gelar MBA (Master of Business Administration) – Berbicara Gelar MBA tentunya tidak akan jauh dari alasan kenapa harus mendapatkan gelar MBA.

Jika Anda sudah mendapatkan gelar sarjana (S1) bisnis dan administrasi bahkan sudah berkerja sesuai bidang Anda, Jika ya..!! maka sudah saatnya melanjutkan ke gelar pascasarjana tentunya dengan jurusan yang serumpun.

Mendapatkan gelar S2 sudah tidak asing lagi bahkan menjadi sebuah trendi yang begitu pamiliar di kalangan tertentu.

Tahukah Anda bahwa melanjutkan kuliah dengan meraih gelar MBA ini banyak keunggulannya? Apabila Anda mendapatkan gelar MBA tentunya bisa meningkatkan karir dalam pekerjaan Anda.

Selain itu Anda juag akan mendapatkan berbagai mancam peguasaan ilmu di bidang bisnis dan Administrasi lebih dalam lagi.

Apa itu MBA ?

MBA kepanjangan dari Magister of Business Administration yang merupakan gelar tertinggi dibandingkan dengan gelar sarjana (S1) tentunya di bidang manajemen bisnis.

Jika Anda melanjutkan kuliah pascasarjana di bidang bisnis dan administrasi

Baik di Indonesia maupun di Luar Negeri seperti Malaysia, tentunya Anda akan mendapatkan Gelar MBA (S2).

Banyak orang yang beranggapan bahwa Gelar MBA sebagai gelar master profesional dan gelar Akademis Tradisional, selain itu perkembangan di dunia bisnis saat ini.

Apabila kita menyandang gelar MBA dianggap lebih maju dari perkembangan dunia bisnis yang kompetitif  sekarang ini. Hal tersebut tidak bisa kita pungkiri.

Selain itu tentunya gelar MBA akan membuat Anda lebih bernilai di mata perushaan tempat Anda berkerja bahkan perusahaan-perusahan lainnya.

Kuliah dengan Gelar MBA tentunya bisa Anda jadikan langkah awal dalam meningkatkan kualitas Anda di bidang bisnis manajemen.

Tahukah Anda bahwa program kuliah MBA sudah tersedia di seluruh dunia kurang lebih 2.500, hal ini menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk memilih program MBA, tentunya sesuai dengan minat Anda.

Adapun program jurusan yang banyak diminati umumnya seperti Jurusan Pemasaran, Akuntansi, Ekonomi dan Operasional.

Anda masih bertanya-tanya kenapa harus kuliah MBA ?

Dari sebagian mahasiswa memiliki alasan untuk melanjutkan kuliah MBA, mereka terdorong diantaranya untuk mendapatkan penghasilan lebih baik, tentunya hal ini menjadi alasan yang kuat dalam melanjutkan program kuliah magister (S2) tersebut.

Berikut 5 Alasan Mengapa Harus Anda Raih Gelar MBA

1. Penghasilan Lebih Baik

Hasil survey mengatakan, bahwa pendapatan karyawan lulusan program kuliah MBA (S2) lebih tinggi gajinya dibandingkan dengan pendapatan karyawan berijazah S2 dari jurusan lain.

Jangan khawatir dengan biaya kuliah sangat tinggi untuk mendapatkan gelar MBA, apabila Anda lulus tentunya akan mendapatkan peluang yang baik dalam berkerja.

Sehingga bisa dikatakan pendapatan Anda akan menggantikan biaya sewaktu kuliah S2 ambil gelar MBA baik di Indonesia maupun Gelar MBA di Malaysia.

2. Kesempatan Karir yang Lebih Luas

Bagi Anda yang ingin mempunyai kesempatan karir yang lebih luas tentunya bisa ambil gelar MBA (Master Bisnis Administras).

Bahkan Anda bisa mengembangkan karir sendiri di bidang Bisnis Manajemen, seperti menjadi seorang pengusaha bahkan pengajar profesional.

Di sinilah kenapa banyak orang memburu gelar MBA baik di Indonesia maupun di Luar Negeri, sebab mereka mengagap, jika sudah lulus maka mempunyai kesempatan karir lebih bagus.

3. Jaringan dan Kesempatan Kerja yang Luas

Jaringan dan kesempatan kerja yang luas bisa Andaa dapatkan setelah menjadi mahasiswa MBA, di sanalah Anda akan menemukan garis besarnya dunia bisnis bahkan Anda akan berpikir secara luas bagaikan seorang pengusaha bisnis.

Biasanya pengelola-pengelola dari berbagai bisni berkumpul di sana, sehingga Anda mempunyai kesempatan bertemu dengan seorang pembisnis sukses dan profesional.

Selain mendapatkan pengalaman kerja, tentunya para lulusan MBA akan mendapatkan kesempatan besar dari perushaan-perusahaan ternama.

4. Kembali Bekerja dengan Pengalaman Lebih Banyak

Rata-rata karywawan yang sudah berkerja untuk melanjutkan kuliah MBA, mereka berhenti berkerja sementara waktu untuk mengampuh gelar MBA.

Setelah beres kuliah MBA, mereka kembali lagi berkerja seperti bisa dan tenyunya sudah mempunyai keahlian baru yang bisa diunggulkan sebelumnya, bahakan mampu bersaing dengan karyawan lainnya.

Dan kami meyakini bahwa Anda akan mendapatkan tawaran gaji tinggi dibandingkan dengan gaji sebelumnya, bahkan Anda bisa mendapatkan tawaran dari perushaan lainnya.

Selain dari 5 alasan masuk kuliah MBA, ada beberpaa keahlian yang harus Anda punyai sebelum ambil Kuliah MBA baik di Indonesia maupun di MBA Malaysia.

Kenapa demikian?

Agar ketika masuk kuliah mba Anda bisa mempelajari seputar dunia bisnis dan bisnis manajemen dengan mudah tanpa harus mengulang pengetahuan terdahulu.

Bahkan dengan begitu Anda dengan mudah untuk mengaplikasin dalam pekerjaan di dunia nyata. Hal inilah yang harus Anda penuhi sebelumnya.

Berikut keahlian yang harus Anda miliki sebelum masuk Kuliah MBA

1. Kemampuan Interpersonal

Memiliki kemampuan Interpersonal yang baik, tentunya sangat penting untuk mahasiswa-mahasiswi sebelum masuk program MBA ini.

Dengan demikian Anda secara mudah untuk berkomunikasi seputar bisnis manajemen, hal ini akan mempengaruhi Anda, apabila menjadi seorang manajer.

Anda tidak akan melewatkan dalam memperhatikan para stap, media, client, pihak stakeholder dan shareholder dalam perusahaan yang Anda kelola.

2. Berpikir Strategis

Berpikir strategis sangat diperlukan oleh para manajer dan pimpinannya, tentunya dalam ruang lingkup perushaan dan bisnis manajemen yang Anda kelola.

Mengenai berpikir strategis bisa Anda persiapkan sejak dini, sehingga dengan mudah Anda mengikuti perkuliahan MBA di Indonesia maupun di Luar Negeri.

Sebelum Anda lebih luas lagi dengan berpikiran strategis mengenai bagaimana masa depan bisnis ke depannya, tentunya dasarnya harus Anda pelajari dulu.

Kunci utama dalam berpikir strategis adalah selalu belajar, mengantisipasi, siap dengan tantangan, interpretasi, mengambil keputusan, dan align.

3. Memiliki Jiwa Entrepreneur

Memiliki jiwa entrepreneur artinya Anda harus memiliki jiwa pemasaran tinggi tentunya memiliki jiwa entrepreneur akan menentukan kemajuan Anda dalam berbisnis.

Dalam kuliah mba tentunya bukan hanya pemasaran saja yang akan Anda dapatkan

Melainkan Anda akan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang keuangan, penjualan, komunikasi bahakn strategi dalam berbisnis.

4. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Skill utama yang harus Anda persiapakan adalah mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, dengan kemampuan berkonikasi yang baik Anda secara mudah bisa berkomuniskasi dengan mahasiswa MBA lainnya.

Tips dari kami hindari masalah miskomunikasi dengan mahasiswa lainnya, sebab jika ini terjadi kepada Anda, Anda harus cepat-cepat memperbaiki hubungan tersebut.

Di sinilah kemampuan berkumnikasi dengan baik mempunyai peran utama apabila Anda ingin malanjutkan kuliah MBA baik di Indonesia maupun di Luar Negeri.

5. Kemampuan Kepemimpinan

Kemampuan kepemimpinan inilah yang akan Anda dapatkan setelah kuliah MBA tentunya berkaitan dengan bisnis manajemen.

Apabila bisnis Anda ingain maju dan mempunyai perkembangan dengan baik, maka kemampuan kepemimpinan dalam menejemen bisinis, Anda harus benar-benar matang.

Apabila Anda membuat sinergi yang pasti dalam bisnis Anda, maka dengan itu Anda sudah layak sebagai pemimpin yang baik.

Mata Kuliah MBA itu Apa saja sih?

Mata kuliah MBA Bisnis Manajemen di Indonesia adalah mata kuliah pokok yang akan Anda pelajari, selain itu ada juga Mata kuliah MBA yang sifatnya personal.

Artinya ada Mata kuliah MBA yang mempelajari tentang membentuk karakter pribadi pada mahasiswanya, sehingga ketika lulus sudah siap memasuki duni bisnis.

Di sini kami akan membahas secara global mata kuliah MBA yang ada di Indonesia dan memiliki 5 bagian Mata kuliah MBA utama seperti:

  1. Mata Kuliah MBA Akademik, mata kuliah ini bisa Anda dapatkan ketika berlangsung, adapun mata kuliah ini akan mempelajari tentang Manajemen dan Bisnis.
  2. Mata Kuliah MBA Fundamental ini akan membahas tentang Manajemen kepribadian dan manajemen karakter siswa.
  3. Mata Kuliah MBA Skill, mata kuliah yang satu ini sangat banyak disukai karena bisa menambah dan meningkatkan kemampuan praktik di dunia kerja dan bisnis secara nyata
  4. Mata Kuliah MBA Kasus, Anda akan belajar manajemen bisnis tentunya dari kasus yang sering terjadi di dunia kerja nyata.
  5. Magang Kerja atau Internship adalah mata kuliah mba di bidang bisnis dan manajemen bisnis

Setelah Anda mengetahui mata kuliah MBA secara global maka tentunya Anda akan bertanya-tanya mengenai Persyarat Kuliah MBA secara umum.

Jika Anda ingin masuk kuliah untuk menyandang gelar MBA, tentunya Anda juga wajib melakukan pendaftaran kuluah S2.

Adapun dokumen yang harus Anda persipakan, bisa Anda pelajari di bawah ini, tetapi mungkin saja setiap Universitas berbeda-beda:

Berikut Syarat Khusus Masuk Kuliah MBA

  1. Sudah dinyatakan Lulus Program Kuliah Sarjana (S1), tentunya masa kuliah harus 4 tahun dari Universitas Ternama.
  2. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan Sertifikat TOEFL dengan Skor Maksimal 550 atau IELTS dengan Skor Maksimal 6.5 untuk IELTS.
  3. Menulis Essay hampir semua Universitas meminta Anda Menulis Essay, dalam menulis sssay Anda harus menjelaskan mengapa Anda harus mempertimbangkannya untuk meneruskan Kuliah MBA.
  4. Membuat Resume mengenai diri sendiri
  5. Transkrip Nilai Sarjana S1
  6. Surat Rekomendasi, untuk mendapatkan surat rekomendasi bisa Anda dapatkan dari atasan, Client dan lainnya yang bisa mewakili Anda.
  7. Letter of Acceptance, maksud dari Letter of Acceptance adalah surat pernyataan bahwa Anda diterima Universitas yang Anda daftar tentunya harus ditandatangani secara resmi oleh pejabat Universitas.
  8. Biaya Pendaftaran. Biaya pendaftaran secara umum kurang lebih $250 USD, mengenai biaya yang harus Anda persiapkan tentunya setiap Universitas berbeda-beda.

Apa Sih Spesialisasi MBA Indonesia ?

Spesialisasi MBA Indonesi tentunya harus Anda sesuaikan dengan minta walaupun MBA Indonesia juga mempunyai beberapa pilihan untuk Anda.

Perlu Anda kethaui juga bahwa spesialisasi MBA Indonesia yang kami ambil dan bersumber dari MBA Nogmat adalah sebagai berikut:

  • MBA Manajemen Umum dan Entrepreneur
  • MBA Supply Chain Management atau Rantai Pasokan Operasional
  • MBA Manajemen Lingkungan
  • MBA Manajemen Bisnis
  • MBA Eksekutif
  • MBA Manajemen Media
  • MBA Manajemen Kesehatan
  • MBA Teknologi Informasi
  • MBA Keamanan Cyber
  • MBA Keuangan
  • MBA Pemasaran
  • MBA Akuntansi
  • MBA Bisnis Internasional
  • MBA Strategi Sumber Daya Manusia

Sudah kami sebutkan di atas, apabila Anda ingin memilih spesialisasi MBA  tersebut, maka Anda harus menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan minat Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan secara mudah mengenai subjek dari MBA tersebut dan tentunya bisa Anda ketahui secara detail.

Setelah Anda lulus, maka Anda akan mengetahui prospek kerja di bidang manajemen bisnis tentunya Anda akan mendapatkan peluang kerja go Internasional.

Prospek Kerja Manajemen Bisnis Internasional

Kami sudah mengulas alasan kenapa banyak orang yang ingin mendapatkan gelar MBA atau Kuliah MBA, salah satu tujuan tersebut adalah mempunyai prospek kerja yang menjanjikan.

Selain itu mempunyai gelar MBA sangat banyak mengidamankan tentunya mempunyai gaji tinggi di masa mendatang ketika Anda sudah berkerja.

Lulusan MBA sudah banyak menjadi pemimpin perushaan starup bahkan pemimpin di bidang pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Berikut adalah prospek pekerjaan bagi Lulusan yang menyandang Gelar MBA dan di lengkapi dengan pendapatannya menurut SalaryExpert dan Payscale:

Profesi PekerjaanPendapatan Per Bulan
CEO IDR 430 juta
Business Manager (Berpengalaman)IDR 500 juta
Direktur Operasional (Berpengalaman)IDR 103 juta
Manajer Operasional (Berpengalaman)IDR 101 juta
Analis Bisnis dan Teknologi Informasi (Berpengalaman)IDR 100 juta

MBA Terbaik di Indonesia

Gelar MBA ini ternya tidak hanya dianggap profesional dan berharga di Luar Negeri saja, melainkan Gelar MBA ini juga di Anggap profesional dan berharga di Indonesia.

Dengan demikina banyak lulusan kuliah S1 untuk memutuskan mengambil kuliah dengan Gelar MBA di Indonesia untuk gelar MBA nya.

Maka dengan demikian Anda jangan bingung-bingung untuk memilih Universitas terbaik untuk menyandang Gelar MBA (Kuliah MBA Terbaik di Indonesia)

Berikut 6 Universitas MBA Terbaik di Indonesia

MBA Terbaik di Indonesia ini kami kutif dari Situs Resminya MBA Studies di Laman www.mbastudies.co.id, yang bisa Anda pelajari juga.

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Brawijaya
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Prasetiya Mulya Business School
  5. Universitas Pelita Harapan
  6. IPMI International Business School

Selain Universitas di atas, ada juga yang menawarkan program kuliah MBA seperti Singapura yaitu Nanyang University, MBA di Malaysaya sperti Universitas Teknologi Malaysia yang ada di Kuala Lumpur Malaysia.

Biaya Kuliah MBA

Jika Anda memutuskan ingin kuliah MBA di Luar Negeri, tentunya harus mempertimbangkan mengenai biaya kuliah MBA tentunya akan lebih mahal di bandingkan dengan kuliah MBA di Indonesia.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan lama durasi perkulian yang Anda ambil, sebab lamanya kuliah bisa mempengaruhi besar dan kecilnya biaya kuliah MBA.

Berikut ini kami sajikan tabel biaya Kuliah MBA rata-rata di berbagai Negara yang bisa Anda pelajari, sebelum memutuskan.

NegaraBiaya Kuliah Per Tahun
AmerikaIDR 500 juta
InggrisIDR 276 juta - 460 juta
AustraliaIDR 460 juta - 819 juta
MalaysiaRp. 110 juta - 111 juta
SingapuraRp. 614 juta

Perlu Anda ketahui juga biaya kuliah MBA di atas adalah estimasi biaya kuliah, tentunya apabila Anda ingin mengetahui Informasi biaya kuliah MBA secara rinci dan valid.

Bisa Anda kunjungi langsung pada Website Resmi Universitas masing-masing, biasanya informasi tersebut tertulis secara lengkap dan rinci.

Apabila Anda ingin melihat rincian Biaya MBA ITB, jangan sungkan-sungkan kunjungi juga Website Biaya MBA ITB di Internet.

Lama Waktu Kuliah MBA dan Pendaftaran MBA

Kami akan mengambil lama durasi kuliah MBA dan pendaftaran MBA di mulai secara rata-rata, kuliah MBA di Indonesia kisaran waktu 12 Bulan sampai durasi maksimal yaitu 16 Bulan.

Jika Anda ingin kuliah mba di Harvard Business School, maka durasi kuliah yang akan Anda dapatkan sekitar 1 Tahun (12 Bulan).

Perkiraan pendaftaran Kuliah MBA tersebut sekitar setiap tanggal 04 Januari 2021, setelah melihat pendaftaran kuliah sebelumnya.

Dan apabila Anda ingin memili Oxford MBA (Oxford University), maka waktu pendaftaran kuliah sebelumnya yaitu pada Tanggal

11 Januari s/d 05 April 2019, dan kemungkinan juga di tahun 2021 akan di buka pada tanggal dan belan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk informasi lebih jelasnya maka silahkan Anda hubungi Universitas dengan Program studi MBA dan bisa mengunjungi Website Universitas masing-masing.

Mungkin cukup sekian artikel tentang gelar mba dan alasan-alasan harus mendapatkan gelar mba, semoga bermanfaat.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *