Jawaban Latihan Soal IAPI

Jawaban Latihan Soal IAPI – Hallo sahabat Pendidikan SCH.ID kali ini Mimin akan bagikan kembali terkait latihan soal IAPI, tetapi Mimin akan jelaskan sedikit pengertian IAPI.

IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) adalah Asosiasi Profesi Akuntan Publik Indonesia yang bertujuan untuk mewujudkan Akuntan Publik yang berintegritas, berkualitas dan berkompetensi berstandar internasional, mendorong pertumbuhan dan independensi profesi yang sehat dan kondusif bagi profesi Akuntan Publik, menjaga martabat profesi Akuntan Publik dan kepercayaan publik, melindungi kepentingan publik dan Akuntan Publik, serta mendorong terwujudnya good governance di Indonesia.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, salah satu kegiatan yang dilakukan IAPI adalah merekrut Anggota dan mendidik, serta melatih melalui program PPL untuk mendapatkan Anggota yang profesional dan berintegritas.

Sebelum ke Jawaban Latihan Soal IAPI, alangkah baiknya kita susun terlebih dahulu contoh soalnya, dimana contoh soal ini akan dibagi ke dalam 5 bagian yaitu :

  1. Contoh Soal AMSI – Akuntansi Biaya Manajemen & Keuangan Sistem Informasi
  2. Contoh Soal APK – Akuntansi & Pelaporan Keuangan
  3. Contoh Soal AAS – Pengantar Auditing & Asurans
  4. Contoh Soal PEMM – Pengantar Ekonomi Makro & Mikro
  5. Contoh Soal MPHB – Pengantar Manajemen Pajak & Hukum Bisnis

Contoh Soal AMSI – Akuntansi Biaya Manajemen & Keuangan Sistem Informasi

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, serta penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa dengan cara-cara tertentu.

Akuntansi biaya merupakan salah satu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi dalam prosesnya menghasilkan barang atau jasa.

Pencatatan biaya ini juga berisikan penafsiran terhadap metode penggolongan dan peringkasan yang dipakai dalam akuntansi biaya. Perlu diketahui bahwa metode atau pendekatan yang biasa digunakan dalam akuntansi biaya adalah pendekatan biaya standar (standard costing), biaya berdasarkan kegiatan (activity-based costing), serta biaya berdasarkan hasil (cost-volume profit/CVP).

Silahkan Anda Download Contoh Soal dan Jawaban Latihan Soal IAPI, Akuntansi Biaya Manajemen & Keuangan Sistem Informasi (DOWNLOAD)

Contoh Soal APK – Akuntansi & Pelaporan Keuangan

Secara umum laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi pembelian maupun penjualan dan transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter.

Biasanya laporan ini dibuat dalam periode tertentu. Penentuannya ditentukan oleh kebijakan perusahaan apakah dibuat setiap bulan atau setiap satu tahun sekali, terkadang perusahaan juga menggunakan keduanya.

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan. Sehingga para stakeholder dan pengguna informasi akuntansi bisa melakukan evaluasi dan cara pencegahan dengan tepat dan cepat jika kondisi keuangan usaha mengalami masalah atau memerlukan perubahan.

Apabila Anda ingin melihat dan mendownload Contoh Soal APK – Akuntansi & Pelaporan Keuangan, bisa Anda Lihat dan Download DI SINI

Contoh Soal AAS – Pengantar Auditing & Asurans

Auditing merupakan suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif yang mengemukakan pernyataan mengenai kegiatan dan kejadian ekonomi serta menetapkan tingkat kesesuaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan serta disampaikan hasilnya kepada pelaku-pelaku yang berkepentingan. Orang yang melakukan auditing disebut juga dengan auditor.

Dari pengertian diatas, dapat dijelaskan bahwa auditing merupakan suatu proses sistematik dimana auditing dilakukan harus dengan perencanaan secara berurut mengikuti alur yang terstruktur.

Yang dalam melakukan auditing, seorang auditor harus mencari keabsahan suatu bukti atas laporan keuangan suatu perusahaan. Dimana transaksi atau kegiatan yang diaudit berhubungan dengan kegiatan serta kejadian ekonomi.

Dan auditing dilakukan harus berdasarkan/sesuai PSAK dimana PSAK merupakan standar baku yang harus dipatuhi oleh auditor dalam melakukan auditing.

Yang kriterianya juga harus sesuai standar sehingga dapat disampaikan hasil dari pelaksanaan auditing yang telah dilakukan apakah hasilnya wajar tanpa pengecualian atau yang lainnya.

Dan dari pelaksanaan auditing itu akan menghasilkan laporan auditing dimana laporan auditing itu akan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan seperti para pemegang saham agar bisa mengevaluasi perusahaan kedepannya.

Audit dapat dilakukan setelah laporan keuangan suatu perusahaan sudah ada. Maka audit tidak dapat dilakukan apabila laporan keuangan suatu perusahaan belum ada. Setelah audit dilakukan maka akan keluar laporan audit yang dilaporkan dari auditor kepada perusahaan.

Mari kita lihat Contoh soal di lengkapi dengan Jawaban Latihan Soal IAPI yang terdapat pada kumpulan soal dalam satu PDF. Download Jawaban Latihan Soal IAPI KLIK DI SINI.

Contoh Soal PEMM – Pengantar Ekonomi Makro & Mikro

Ekonomi mikro sebagai suatu ilmu yang mempelajari perilaku produsen dan konsumen juga penentuan kuantitas faktor input, serta barang atau jasa apa saja yang kemudian akan diperjual-belikan dengan mengacu kepada harga pasar.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro sendiri diantaranya Model-model pasar, Industri, Analisis manfaat, Teori permintaan, Analisis biaya dan penawaran, Elastisitas, Teori produksi hingga Teori harga. Selain itu ekonomi mikro juga berperan dalam membuat Kebijakan perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya seperti pengelolaan harga.

Adanya kebijakan dalam perusahaan juga dapat menjadikan perusahaan lebih strategis dan inovatif. Ekonomi mikro sangat berperan dalam memprediksi hingga merancang strategi suatu perusahaan kedepannya. Ekonomi mikro akan mempermudah suatu perusahaan dalam memahami Perilaku, kemauan dan kebutuhan konsumen.

Jika Anda ingin melihat dan mempelajari Contoh Soal PEMM yang berkaitan Pengantar Ekonomi Makro & Mikro, bisa Anda lihat  dan Unduh DI SINI.

Contoh Soal MPHB – Pengantar Manajemen Pajak & Hukum Bisnis

Manajemen perpajakan adalah suatu strategi manajemen untuk mengendalikan, merencanakan, dan mengorganisasikan aspek-aspek perpajakan dari sisi yang dapat menguntungkan nilai bisnis perusahaan dengan tetap melaksanakan kewajiban perpajakan secara peraturan dan perundang-undangan.

Mungkin ini adalah Contoh soal dan Jawaban Latihan Soal IAPI yang terakhir yaitu Contoh Soal MPHB – Pengantar Manajemen Pajak & Hukum Bisnis, yang bisa Anda Download DI SINI.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini terkait Contoh Soal dan Jawaban Latihan Soal IAPI yang bisa Anda pelajari secara mandiri, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

Sumber: iapi.or.id

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *