Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri

Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri

Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri – Kuliah di luar negeri sambil kerja tentunya idaman para pencari pendidikan tetapi mereka tidak ingin membebani kedua orang tua.

Dengan demikian salah satu solusinya adalah dengan cara kuliah sambil kerja di luar negeri, selain mendapatkan pendidikan kalian juga bisa membantu keuangan orang tua.

Di samping itu juga Anda akan mendapatkan studi dan pengelaman hidup secara nyata ketika kalian mendapatkan program kuliah sambil kerja.

Belajar di luar negeri bisa Anda manfaatkan sambil berkerja

Karena ada beberapa alasan mengapa kebanyakan orang ingin sekali mencari kerja part time (pekerjaan paruh waktu).

Alasan mendasar kuliah sambil kerja di luar negeri adalah untuk mendapatkan pengalaman kerja dan penghasilan sampingan untuk membantu biaya hidup selama kuliah di luar negeri.

Tahukah Anda bahwa setiap dua minggu saat program kuliah berlangsung

Visa Pelajar mengizinkan Anda untuk berkerja 40 jam setiap dua minggunya. Selain itu jam kerja Anda tidak terbatas selama libur kuliah resmi

Tentunya ini adalah kesempatan Anda untuk kuliah sambil kerja di luar negeri.

Maka dengan itu Anda harus memikirkan dan memastikan bahwa visa Anda harus masuk kategori visa yang diperbolehkan untuk bekerja

Agar Anda bisa melakukan pekerjaan yg cocok untuk mahasiswa. Ada pekerjaan yg cocok untuk mahasiswa dan bisa membayar Anda walaupun sedang study di luar negeri. Berikut adalah pekerjaan untuk mahasiswa.

Pekerjaan untuk Mahasiswa

Jika Anda kuliah di australia sambil bekerja, maka kami akan memberikan rekomendasi pekerjaan untuk mahasiswa, tentunya pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah ini sangat cocok untuk Anda coba.

Tahukah Anda bahwa Negera Australia ini terkenal dengan berbagai jenis industrinya, sehingga banyak peluang kerja part time untuk Anda.

  • Kerja Part Time di Australia

Berikut kami sajikan kerja part time untuk Anda coba ketika Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri, tentunya jika Anda kerja sambil kuliah di australia.

  1. Kerja Part Time Ritel, Anda bisa bekerja paruh waktu di Supermarket, Toko Pakaian dan Department Store dan masih banyak lagi.
  2. Makanan, tentunya Anda bisa bekerja di Bar, Kafe dan Restoran
  3. Kerja Part Time Pariwisata adalah bekerhotel dan motel
  4. Kerja Paruh Waktu Agrikultur, Anda bisa mencoba bekerja part time misalkan di bidang pertanian dan memanen buah.
  5. Penjualan dan Telemarketing
  6. Juru Tulis atau Petugas Administrasi
  7. Kerja Part Time sebagai Guru Bimbel.

Sangat disaran untuk Anda, apabil mencari pekerjaan di luar negeri, pastikan Anda mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang Anda.

Dan apabila Anda telah memiliki kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja profesional, tentunya hal ini sangat mudah dalam mendapatakan pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa.

  • Hak Pekerjaan Paruh Waktu Untuk Mahasiswa

Setiap siswa internasional atau pemegang Working Holiday Maker Visa  (Visa Bekerja Saat Liburan), bahkan setiap orang yang berkerja di Australia.

Tentunya di tempat Anda bekerja, memiliki hak dasar yang bisa melindungi Anda pada kejadian-kejadian yang tak terdukan, seperti :

  1. Upah Minimum
  2. Penolakan Terhadap Pemecatan yang Tidak Adil
  3. Waktu Jeda dan Istirahat
  4. Lingkungan Kerja yang Sehat dan Aman

Jika Anda ingin mempelajari lebih luas lagi mengani hak-hak dalam berkerja di Australia, Anda bisa mempelajarinya di situs resmi Pemerintah Australia yaitu Web Fair Work.

Tahukah Anda bahwa secara global perushaan di Australia tercakup dalam Award. artinya sebagian perusahaan akan menetapkan upah minimum dan ketentuan di bidang pekerjaan atau industri tertentu.

Selain itu Anda juga wajib memiliki Nomor Wajib Pajak ketika bekerja di perushaan supaya Anda tidak membayar pajak terlalu tinggi kepada Negara Australia.

Adapun untuk mempelajari pajak di Australia, Anda bisa mengunjungi situs resmi atau kantor pajak Australia, ini sangat penting untuk Anda lakukan.

Dengan demikian Anda sudah kami pastikan memahami bagaimana cara mendapatkan nomor wajib pajak dan informasi cara membayar pajak di australia.

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

Selain kerja part time dan hak-hak yang Anda dapatkan, kami juga akan memberikan rekomendasi bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Semoga dengan cara ini bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan yg cocok untuk mahasiswa tentunya memiliki pekerjaan part time.

  • Situs Kerja Online atau Media Cetak (Koran)

Kami sarankan untuk Anda apabila mencari kuliah sambil kerja di luar negeri, silahkan hubungi staf dukungan siswa internasional di universitas Anda.

Hal tersebut untuk mengetahui pilihan apa saja yang ditawarkan Universitas Anda

Selain itu biasanya setiap universitas menyediakan papan pengumuman pekerjaan secara offline maupun secara online.

Dengan cara ini Anda bisa mendaftarkan keterangan diri pada perushaan perekrutan, tentunya banyak dari perushaan yang dapat membantu menempatkan Anda dalam bekerja paruh waktu dalam jangka pendek.

  • Program Magang

Jika Anda lulusan SMK maka kami rasa sudah tidak asing lagi dengan Program Magang

Banyak di alami oleh siswa SMK ketika magang.

Ketika mereka magang di perusahaan ada yang mendapatkan bayaran adapula yang tidak mendapatkan bayaran, program magang ini, cocok untuk Anda dalam cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

  • Menjadi Relawan

Tidak di Indonesia saja banyak organisasi baik organisasi amal maupun organisasi non pemerintah (LSM) yang membutuhkan relwan.

Begitu juga di Australia banyak dari organisasi yang membutuhkan relawan dalam membantu organisasi mereka. Menjadi relawan di Australia bisa Anda manfaatkan untuk mencari celah cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Selain itu Anda bisa tukar pengalaman kerja dan memberi sumbangsih kepada Masyarakat Australia.

Adapun untuk mengetahui tentang pekerjaan relwan di Austrasli.

Anda bisa mengunjungi situs remsinya yaitu website goverment Australia, di sana Anda bisa mempelajari pekerjaan-pekerjaan relawan secara rinci.

Apabila Anda sedang merencanakan kuliah di luar negeri atau kuliah sambil kerja di luar negeri, maka Anda bisa memanfaatkan konsultasi pendidikan luar negeri secara online, banyak ko konsultasi gratis di internet juga.

Pengalaman Kuliah di Luar Negeri

Suka duka pengalaman kuliah sambil kerja di luar negeri ini bisa Anda pelajari, tentunya dari pengalam ini bisa Anda jadikan pertimbangan kuliah sambil kerja di luar negeri.

Jika Anda mempunyai cita-cita kuliah ke luar negeri, maka wajib Anda mengetahui suka dan duka yang kemungkinan anda alami ketika kuliah di luar negeri.

Berikut beberapa gambaran pengalaman suka dan duka yang kami rangkum untuk Anda yang mempunyai cita-cita Kuliah di Luar Negeri.

1. Pendaftaran yang Cukup Rumit

Pendaftaran kuliah di luar negeri cukup rumit dibandingkan ketika kita daftar kuliah di Indenesia, yang menjadikan cukup rumit adalah banyak dokumen yang harus Anda persiapkan.

Selain dokumen, untuk bisa diterima di Universitas incaran, Anda juga membutuhkan perjuangan ekstra, sebab calon mahasiswa ke luar negeri bukan sedikit.

Di balik dokumen yang harus Anda persiapkan adalah bahasa juga sangat penting untuk Anda persiapkan tentunya sesuai dengan negara yang Anda tuju.

2. Hidup Mandiri dan Menghadapi Masalah Keuangan

Ingat ya.. !!   Kuliah di Luar Negeri, Anda dituntut untuk hidup mandiri dan harus pintar-pintar memenej keungan, jika Anda tidak gagal dalam memenej keuangan, maka sudah dipastikan Anda akan berhadapan dengan masalah keuangan.

Bermacam-macam mahasiswa yang kuliah di luar negeri baik jalur mandiri maupun jalur beasiswa, tidak sedikit dari mereka mengalami masalah di keuangan.

Hal ini membuktikan bahwa memenej keuangan sangat penting ketika Anda kuliah di luar negeri, agar tidak menemukan masalah di tengah-tengah perkuliahan berlangsung.

Ada solusi untuk mengurangi biaya hidup di luar negeri, seperi memasak sendiri, dengan demikian Anda bisa mengeurangi pengeluaran keuangan.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan asrama yang di sediakan oleh kampus, sebab jika Anda menggunakan tempat tinggal lain maka sudah di pastikan Anda harus membayar dengan biaya tinggi.

Jika Anda terpaksa menggunakan tempat lain (kontrakan) usahkan berkelompok untuk meminimalisir sedikit biaya yang Anda harus keluarkan.

Sudah kami singgung di atas, Anda juga bisa memanfaatkan kerja part time untuk mahasiswa, sebab ini bisa membantu keuangan Anda.

Selain itu kerja part time ini bisa meningkatkan kapasitas diri Anda, bisa mengambil pelajaran luar kampus dari Industri/ perushaan.

3. Mengenal Budaya Baru dan Berkunjung Ke Tempat-tempat Menarik

Sudah dipastikan, jika Anda kuliah di luar negeri maka banyak mengenal budaya baru bahkan akan menemukan tempat-tempat menarik.

Anda akan menemukan budaya yang luar biasa yaitu budaya dispilin. Budaya disiplin ini sudah menjamur di masyarakat luar negeri.

Walaupun demikian Anda dituntut untuk bisa menyesuaikan budaya disiplin ini, bahkan ini adalah pelajaran yang sangat luar biasa.

Selain itu Anda akan menemukan beragam budaya dari berbagai negara

Sebab yang kuliah di luar negeri bukan dari satu negara saja melainkan dari berbagai negara

Dan ingat hindari konplik di sebabkan berbeda budaya.

Mengunjungi tempat wisata adalah salah satu idaman mahasiswa yang ambil kuliah di luar negeri, ini adalah kesempatan Anda apabila ingin mengunjungi wisata yang anda di luar negeri tempat Anda kuliah.

4. Bertarung Dengan Homesick

Jika Anda kuliah di luar negeri tentunya Anda harus mampu bertahan menghadapi homesick

Homesick akan berasa oleh Anda sebab jauh dari keluarga dan waktu memisahkannya cukup lama.

Rasa kangen kepada keluarga dan lingkungan inilah yang akan menyebabkan Anda gelisah, ingin pulang dan lingkungan rumah yang menghantui Anda.

5. Menjadi Minoritas Menghadapi Rasisme

Jangan Anda anggap remeh masalah menjadi minoritas, Amerika dan Jerman termasuk negara yang cukup rawan.

Ada beberpa orang luar Negeri yang memiliki sentimen terhadap imigran.

Rasisme adalah masalah nyata di berbagai negara, meski tidak semua warga lokal memiliki sentimen tersebut, tapi ancaman rasisme tetap nyata adanya.

6. Tuntutan Kuliah yang Berat

Universitas di luar negeri terkenal dengan tuntutan kuliah cukup berat

Dalam hal ini Anda kan menemukan tugas yang Anda anggap berat. Untuk Anda yang kuliah di luar negeri kami harapkan jangan menyerah, karena tugas yang di berikan dosen

Sebab hal ini akan meningkatkan kapasitas diri seorang mahasiswa.

Dengan demikian Anda akan mampu bersaing di dunia Industri ketika Anda sudah lulus dan bekerja di perushaan secara nyata.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan kembali mengenai kuliah sambil kerja di luar negeri dan pelajaran lainnya yang bisa Anda pelajari sebelum Anda memutuskan kuliah di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *