Tips Kuliah Sambil Kerja di Malaysia

contenttop

Tips Kuliah Sambil Kerja di Malaysia – Hallo sahabat website SMP Negeri 6 Gunungkencana, semoga kita dalam keadaan sehat wal’afiat, kali ini mimin akan membagikan kembali kuliah di Malaysia, semoga bisa membantu bapak ibu dalam mencari pendidikan sambil kerja.

Kenapa postingan kali ini kami buat dengan kata kunci Kuliah Sambil Kerja, awalnya kami mendapatkan konsultasi dari Alumni SMP Negeri 6 Gunungkencana, dan mereka menanyakan hal tersebut.

Kuliah Saat Bekerja di Malaysia

Bisakah Kuliah Sambil Kerja ?

Dari pertanyaan tersebut, sehingga kami membuat postingan ini dengan kata kunci terusannya Kuliah Sambil Kerja di Malaysia.

Tips Kuliah sambil kerja di Malaysia, akan menjadi topik pembahasan pada postingan ini. Memang perlu kita akui modernisasi atau kemajuan dunia pendidikan di Malaysia sedikit lebih maju dibandingkan kita.

Hal ini tidak terlepas dari gencarnya program pemerintah malaysia untuk sektor pendidikan tinggi mereka. Dan salah satu keberhasilan pendidikan mereka adalah kerjasama yang bagus dengan universitas universitas dari Eropa.

Seperti Amerika dan Australia yang membuka program bersama yang diselenggarakan di Universitas Malaysia yang saat ini sudah berdiri.

Keunggulan yang di dapat ketika kamu kuliah di universitas malaysia yang bekerjasama dengan university dari negara lainnya.

Kamu akan mendapatkan dual award atau 2 ijazah, satu dari university malaysia dan satu lagi ijazah dari university partner yang bekerjasama.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan dimana persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, dengan berbekal 2 ijazah tentunya kamu akan lebih percaya diri dalam meraih pekerjaan yang anda inginkan.

Banyak pertanyaan dari para Alumni SMP Negeri 6 Gunungkencana menanyakan tentang negara yang mengijinkan mahasiswa internasionalnya untuk kuliah sambil kerja.

Termasuk yang bertanya apakah bisa kuliah sambil kerja di malaysia ? Perlu diketahui memang masing masing negara mempunyai peraturan yang berbeda beda mengenai boleh tidaknya mahasiswa asing kuliah sambil bekerja. Dan Malaysia sendiri memang mempunyai aturan yang cukup ketat untuk mahasiswa asing terkait dengan part time job.

Aturan tentang Pekerjaan Paruh Waktu untuk Pelajar Asing di Malaysia

Mahasiswa asing di Malaysia diperbolehkan untuk mengambil part-time job, dalam beberapa kondisi yang memang diatur oleh undang undang malaysia. Mahasiswa asing bisa part-time job dengan syarat sebagai berikut :

  • Saat libur semester
  • Hari besar
  • Liburan yang lebih dari 7 Hari

Dimana durasi bekerja paruh waktu yang diperbolehkan adalah selama 20 jam dalam seminggu. Beberapa lapangan pekerjaan yang bisa anda coba dan diperbolehkan sebagai mahasiswa asing antara lain :

  • Bekerja di Restaurant
  • SPBU
  • Minimarket

Setiap mahasiswa asing yang ingin bekerja paruh waktu di malaysia, harus mempunyai student pass yang masih berlaku. Dimana jika kamu mempunyai keinginan untuk mencari pekerjaan paruh waktu.

Anda harus juga mengurus izin dari universitas dimana anda bekerja. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika anda mengajukan ijin sebagai pekerja paruh waktu selama liburan kuliah.

Berapa Gaji Kerja Paruh Waktu di Malaysia ?

Sebagai informasi untuk untuk anda bahwa biaya hidup atau living cost di Malaysia atau Kuala lumpur pada khususnya tidak terlalu tinggi, jika dibanding Jakarta mungkin tidak terlalu berbeda.

Oleh sebab itu maka jika kamu kerja paruh waktu selama kuliah di Malaysia, Gaji yang akan anda dapatkan pun tidaklah terlalu tinggi.

Oleh sebab itu jika anda berpikiran bahwa kerja paruh waktu yang anda kerjakan akan dapat membantu biaya kuliah selama di Malaysia, sepertinya kurang tepat. Karena gaji part time job anda akan lebih tepat jika hanya bisa menambah uang jajan kamu.

Jadi selama kuliah di Malaysia persiapkan keuangan kamu atau secara finansial sudah siapa selama masa belajar kamu. Karena part time job tidak akan membantu biaya hidup dan biaya kuliah.

Sebagai gambaran gaji yang akan kamu terima jika bekerja sebagai tenaga paruh waktu adalah sekitar RM150 – 200 per minggu.

Tentunya besar kecilnya gaji yang akan anda dapatkan tergantung dari tempat dimana anda bekerja. Saran terbaik kami adalah sebaiknya anda fokus pada kuliah anda, kecuali anda sudah cukup menguasai perkuliahan dan ingin mencari pengalaman dengan bekerja part time job boleh saja.

Tips Kuliah Sambil Kerja di Malaysia ?

Namun sekali lagi jika kerja paruh waktu mengganggu perkuliahan anda maka yang terbaik adalah tinggalkan part time job anda. Karena upah yang akan anda dapatkan tidak sebanding dengan tidak fokusnya anda menjalani tugas sebagai mahasiswa.

Sebenarnya ada beberapa kampus yang menawarkan program internship selama anda belajar. Hal ini juga bisa anda manfaatkan dengan baik untuk mencari pengalaman kerja.

Bahkan tidak sedikit yang setelah lulus kuliah, dipanggil kembali oleh perusahaan dimana dulu melakukan program intership.

Mungkin cukup sekian sekilas informasi mengenaikuliah sambil kerja di Malaysia. semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai keinginan tinggi. Terimakasih

contentbottom
Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *