MATERI PROGRAM LINEAR KELAS 11

Materi Program Linear Kelas 11 – Tujuan Pembelajaran materi ini adalah (1) Peserta didik mampu menjelaskan pengertian program linear dua variabel, (2) Peserta didik mampu menjelaskan sistem pertidaksamaan linier dua variabel.

PROGRAM LINEAR

Program Linear adalah suatu cara untuk memecahkan suatu persoalan tertentu dimana MODEL MATEMATIKA terdiri atas pertidaksamaan-pertidaksamaan linear yang mempunyai banyak penyelesaian. Dari semua hasil yang mungkin, satu atau lebih memberikan hasil yang paling baik (penyelesaian optimal).

Masalah Program Linear berhubungan dengan penentuan NILAI MAKSIMUM dan MINIMUM dari fungsi f(x,y) = ax + by yang dinamakan fungsi objektif terhadap suatu poligon yang merupakan daerah penyelesaian dari suatu sistem pertidaksamaan linear dua variabel termasuk persyaratan variabel-variabel yang tidak negatif (x ≥ 0 dan y ≥ 0).

Setiap titik dalam poligon dinamakan penyelesaian yang mungkin dari masalah. Suatu titik dalam poligon dimana f mencapai nilai maksimum atau minimum dinamakan penyelesaian optimum.

Nilai optimum (nilai maksimum atau minimum) dari fungsi tujuan f(x, y) = ax + by dapat ditentukan dengan menggunakan metode grafik yang meliputi metode uji titik pojok dan garis selidik.

Contoh Soal Program Linear Kelas 11

PT. Maju Mundur adalah suatu pengembang perumahan di daerah Kab. Lebak. PT tersebut memiliki tanah seluas 12.000 m² berencana akan membangun dua tipe rumah, yaitu tipe mawar dengan luas 130 m² dan tipe melati dengan luas 90 m². Jumlah rumah yang akan di bangun tidak lebih 150 unit. Pengembang merancang laba tiap-tiap tipe rumah Rp2.000.000,00 dan Rp1.500.000,00. Modelkan permasalahan di atas!

Untuk pembahasan soal di atas, silahkan pelajari pada tampilan pdf di bawah, dan apabila ada yang belum dipahami silahkan tanyakan langsung pada Grup WA Mata Pelajaran Matematika Kelas 11.

Jika file di atas tidak bisa di buka, bisa menggunakan tautan Program Linear DI SINI. Mudah-mudahan pembahasan di atas bisa difahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *