2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

contenttop

Hallo sahabat Pendidik, kali ini kami akan bagikan kembali artikel mengenai verval ijazah cara memperbaiki Perguruan Tingggi / Universitas Kosong

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) Kosong, Tahun Masuk Kosong, Tahun Keluar Kosong, dan masih banyak lagi permasalahan yang muncul, padahal di Forlap sudah sesuai.

Dengan adanya verval ijazah banyak manfaatnya sehingga para guru dan pegawai bisa mengecek langsung kebenaran data masing-masing.

Jelas-jelas pada notivasi yang muncul pada Info GTK, kita disuruh cek data masing-masing, sebab data bapak ibu yang mengetahui kebenarannya.

Adapun untuk cek data keseluruahn bisa dilakukan di Info GKT, mulai dari nama samapai ke validasi NUPTK, bahkan riwat pendidikan juga bisa dicek secara mandiri.

Adapun yang bisa diperbaiki secara mandiri adalah Riwayat Pendidikan mulai dari SD, SMP, SLTA, dan Perguruan Tinggi (Universitas).

Berikut 2 Cara Memperbaiki Universitas Kosong, Universitas Salah, Bidang Studi, Tahun Masuk, Tahun Lulus, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dll.

2 Cara Memperbaiki Data Ketika Verval Ijazah

Jadi memperbaiki data individu guru dan pegawai ada yang bisa dilakukan secara mandiri dan ada juga harus diperbaikai oleh operator sekolah.

  • Memperbaikai di Laman Manajemen Dapodik

Memperbaiki Universitas, Tahun Ijazah, NIM, Tahun Masuk, Tahun Keluar, IPK bisa dilakukan secara mandiri di laman Manajemen Dapodik.

Manajemen Dapodik bisa diakses di laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id, seperti biasa silahkan login menggunakan email dan password masing-masing.

2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah
2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

Pada gambar di atas, terdapat data masih kosong

Bagaimana cara memperbaikinya?

Jika ingin memperbaiki satuan pendidikan yang kosong misalnya ingin di isi Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia atau perguruan tinggi bapak ibu.

(1) Langkah Pertama

Silahkan klik tanda pensil yang berwarna hijau, kemudian akan muncul gambar seperti berikut

2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

Apabila ingin memperbaiki Jenjang, Satuan Pendidikan, Bidang Studi, Tahun Masuk, Tahun Lulus, NIM, Masih Studi/Kuliah, Rata-Rata Ujian AKhir/IPK/GPA.

Kalian tinggal sorot dan klik untuk pemilihan jejang pendidikan, kemudian ketikan satuan pendidikan sampai ke rata-rata ujian akhir.

Hasilnya akan sepeti berikut

2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

(2) Langkah Kedua

Jika sudah beres edit data jangan lupa simpan, maka memperbaiki universitas, tahun masku dan keluar, NIM dll sudah selesaik dilakukan, perubahan akan ditarik oleh server sacara berkala.

Bagaimana jika tidak bisa disimpan?

Nah.. ini yang sering ditemukan oleh kawan-kawan kita, apabila tidak disimpan, silahkan lakungan cara kedua untuk memperbaiki Riwayat Pendidikan Formal.

Hubungi Operator Sekolah untuk memperbaikai data yang kosong, data salah, yang terdapat pada Riwayat Pendidikan Formal pada Aplikasi Dapodik

  • Memperbaiki di Aplikasi Dapodik

Cara kedua ini kita bisa menghubungi Operator Sekolah untuk mempebaiki data pada riwayat pendidikan pada Aplikasi Dapodik.

(1) Edit Data atau Tambah Data

Kemudian Opertor Sekolah akan membuka aplikasi dapodik seperti biasa, jika sudah masuk pada aplikasi dapodik, Operator Sekolah bisa melakukan dengan Cara Tukar Pengguna.

Klik Pengaturan, pada Tukar Akses Pengguna, pilih Tukar Akses Pengguna, kemudian akan muncul meminta Kode Registrasi Dapodik.

2 Cara Memperbaiki Universitas Tahun Ijazah NIM Verval Ijazah

Meminta Kode Registrasi, kemudian silahkan pilih guru yang akan diperbaiki Riwayat Pendidikan Formalnya, kemudian klik Tukar Pengguna.

Verval Ijazah P3K

Setelah masuk pada beranda PTK/ Guru, silahkan pilih menu GTK dan klik juga nama PTK yang akan diperbaiki, kemudian pilih Ubah.

Pada Data Rincian GTK, cari dan pilih Riwayat Pendidikan Formal, dan apabila ingin edit, silahkan Klik Ubah dan apabila ingin menambahkan Klik Tambah. Jangan lupa SIMPAN.

(2) Sinkronisasi Aplikasi Dapodik

Tahap Akhir untuk memperbaiki data ketika verval ijazah melalui Aplikasi Dapodik  adalah melaukan sinkronisasi apabila editing/ penambahan data sudah dilakukan.

Silahkan Operator Sekolah melakukan sinkronisasi untuk melakukan perubahan data pada Info GTK kemudian server pusat akan menarik data terakhir secara berkala.

Verval Ijazah P3K

Apa yang harus dilakukan setelah sinkronisasi dapodik?

Apabila Operator Sekolah sudah melakukan sinkronisasi, maka yang harus dilakukan oleh bapak ibu, login ke Manajemen Dapodik di laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id.

Tentunya menggunakan email dan password bapak ibu, kemudian silahkan pilih menu pendidikan dan klik riwayat pendidikan.

Data ibu akan terupdate apabila sinkronisasi sudah dilakukan, silahkan periksa kembali untuk memastikan keakurasian datanya.

Jika sudah sesuai, jangan lupa juga Cek Info GTK secara berkala. Cek Info GTK bisa dilakukan dengan dua cara juga, yaitu:

(1) Cek Info GTK di Laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Bagaimana cara cek info gtk di laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id? silahkan masuk pada laman tersebut dan seperti biasa menggunakan email dan password bapak ibu.

Kemudian klik Biodata kemudian sekrol ke bawah dan akan menemukan Info GTK Buka Info GTK. lebih jelasnya seperti gambar berikut:

Verval Ijazah P3K

(2) Cara Cek Info GTK di Laman info.gtk.kemdikbud.go.id

Cara kedua ini bisa di lakukan di laman info.gtk.kemdikbud.go.id secara mandiri, dengan cara mengakses laman tersebut dan seperti bisa menggunakan email dan password bapak ibu.

Adapun tampilan laman info.gtk.kemdikbud.go.id seperti gambar di bawah ini, akan meminta login langsung ke GTK atau Login Menggunakan SSO.

Verval Ijazah P3K

Itulah 2 cara memperbaiki universitas tahun ijazah NIM untuk melakukan verval ijazah rencana pelaksanaan seleksi p3k di tahun 2020 ini.

Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memberikan solusi bapak ibu sperti salah program studi, perguruan tinggi, tahun masuk, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan sebagainya.

Catatan dan Kesimpulan:

Cara memperbaiki data gtk ini bisa dilakukan dengan dua cara, cara mandiri dan cara merubah pada aplikasi dapodik tentunya dilakukan oleh operator sekolah.

Dan ditegaskan kembai, bahwa cara ini tidak bisa merubaha data pada histori yang terdapat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Bahkan pada Web SIVIL juga sudah jelas Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

contentbottom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *