Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator [PTK Merangkap Operator Dapodik SD SMP SMK]

contenttop

Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator [PTK Merangkap Operator Dapodik SD SMP SMK]  – Bagi PTK / Guru yang merangkap Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK tentunya ada sebagian yang belum berhasil memverifikasi akun PTK nya karena merangkap sebagai Operator di sekolah lain, salah satunya Operator SMPN 6 Gunungkencana. HeHe.

Masih ingatkah teman-teman dengan dapodik sebelumnya?

Pada Dapodik sebelumnya kita pernah melakukan pengisian biodata Operator Sekolah yang merangkap sebagai Guru/ PTK pada Aplikasi Dapodik.

Saya tidak ingat tahun berapa versi dapodik yang melakukan pengisian Biodata Operator Sekolah secara otomatis “Pilih Operator Jika Sebagai PTK/ Guru“, itu yang pernah saya ingat.

Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator

Bagi teman-teman Operator Sekolah yang merangkap sebagai Guru/ PTK jangan khawatir dengan permasalahan tidak bisa diverifikasi Akun PTK nya.

Postingan ini akan menjawab permasalahan yang dihadapi dan postingan ini sudah diuji cobakan pada jenjang SMK, Operator Sekolah yang merangkap sebagai PTK.

Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator [PTK Merangkap Operator Dapodik SD SMP SMK]

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi akun PTK terverifikasi oleh Akun Operator yang merangkap dengan Operator SD, SMP, SMK.

1. Melakukan Reset Akun Operator Tetapi Email dan Password yang Lama

Hal ini bisa kita lakukan dengan cara menghubungi Operator Dinas pendidikan yang mempunyai akses Reset Akun Operator Sekolah.

Alhasil permasalahan di atas akan teratasi dengan mudah tanpa harus mencari jalan yang tidak benar atau menggunakan Aplikasi ilegal / tambahan untuk mengatasinya.

2. Melakukan Reset Akun Operator dan Mengganti Email dan Password Baru

Pada langkah kedua kita bisa menghubungi Operator Dinas pendidikan yang diberikan akses untuk Reset Akun Operator untuk mengganti Email dan Password yang telah terverifikasi sebelumnya.

Dan apabila sudah maka yang harus kita lakukan adalah Unistall Aplikasi Dapodik Versi 2021 kemudian Registrasi kembali dengan akun baru yang telah didaftarkan ke Operator Dinas Pendidikan.

Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator

Cara Mengatasi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator

Silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan pada postingan ini, bagaimana cara mengatasi akun PTK terverifikasi oleh Akun Operator :

1. Reset/ Update akun Operator ke KKDATADIK (Operator Dinas).

Hal ini bisa menggunakan Email dan Password lama yaitu KKDATADIK menghapus akun lama kemudian input ulang User/Email dan Password Operator lama. Atau ganti User/Email dan Password dengan yang baru.

2) Login Ke Manajemen Sekolah

Jika langkah pertama sudah dilakukan silahkan sobat masuk ke lamana https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun operator/admin untuk memverifikasi ulang akun operatornya.

Jangan lupa periksa email untuk mengetahui Kode Aktivasi dari Dapodik Kemdikbud, silahkan copy dan paste kan ke kolom yang tersedia kemudian verifikasi.

3) Masuk ke Halaman PTK

Langkah selanjutnya silahkan sobat masuk ke laman PTK untuk memverifikasi Akun PTK yang merangkap Operator Sekolah.

Silahkan akses http://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun PTK untuk memverifikasi, ingat harus menggunakan email berbeda dengan Akun Operator yang sudah terverifikasi.

4) Uninstal dan Instal Aplikasi Dapodik 2021

Jika dua tahapan di atas sudah dilakukan langkah selanjutnya kita Unistall dan Install kembali Aplikasi Dapodik 2021 untuk melakukan perubahan data ke lokal.

5) Registrasi

Langkah terakhir silahkan lakukan Registrasi kembali dengan akun yang telah didaftarkan/ akun perubahan yang telah diinputkan oleh KKDATADIK (Operator Dinas).

6) Selesai

KESIMPULAN :

Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator [PTK Merangkap Operator Dapodik SD SMP SMK] bisa kita lakukan dengan Cara Reset / Hapus Akun Operator Sekolah ke KKDATADIK (Operator Dinas).

Dengan begitu Akun PTK yang merangkap Operator bisa terverifikasi dengan mudah. Nah di sinilah kita perlu berkoordinasi dengan Operator Dinas.

PERLU DIINGAT JUGA. Sebelum melakukan Reset Operator, wajib melakukan sinkronisasi apabila teman-teman sudah mengerjakan Dapodik sebelumnya, agar data yang telah kita isi tidak hilang.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan yang selama ini terpendam oleh Operator Sekolah. Jangan lupa share postingan ini ke jaringan sosial agar teman-teman kita yang lain bisa mengetahuinya. Terimakasih

contentbottom
Tags:

8 Responses for Solusi Akun PTK Terverifikasi Akun Operator [PTK Merangkap Operator Dapodik SD SMP SMK]

  • Mohon bimbingannya kang jae, samapai sekarang akun saya terkait di SMA, padahal non induk tapi jadi operator disana

  • Maaf Kang Jae. Apakah bisa verivikasi akun PTK dulu sebelum akun operator. karena saya kawatir nanti terverivikasi akun operator lagi akun PTKnya?

  • Sy sebagai ops sekaligus ptk. Akun ops dgn akun ptk berbeda,namun nama yg digunakan antara ops dg ptk sama persis. Sy tdk bisa verifikasi akun ptk sy..apakah untuk mengatasi hal tsb jg harus mereset akun ops ny ke dinas? Thanks..

    • Ya Reset pak.
      Jika masih gagal pakai cara ini
      1. Reset EMail, Pass Dapodik sekaligus nama Operator Kasih S.Pd. Misalkan.
      2. Setelah di reset/hapus dan diinput kembali oleh OPS dinas, jangan login / verifikasi dulu email dapodiknya, tetapi silahkan verif dulu akun ptk yang merangkap operator
      3. setelah verfikasi baru verifikasi kembali email dapodiknya.
      4. terakhir, silahkan unistal dapodiknya kemudian instal kembali dan registrasi kembali menggunakan email dan pass dapodik terbaru/ hasil reset tdai,

      semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *